Beranda Nasional 1.340 Warga Lebong Belum Miliki KTP

1.340 Warga Lebong Belum Miliki KTP

193
Tri Handayani

LEBONG – Hingga saat ini tercatat masih ada sebanyak 1.340 wajib Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kabupaten Lebong yang belum memiliki KTP dari total wajib KTP sebanyak 77.358 warga. Meski demikian, sejauh ini sudah ada sebanyak 76.018 warga yang telah melakukan rekam data pembuatan KTP dan telah cetak KTP.
“Iya, hingga hari ini (kemarin,red) berdasarkan data terakhir tercatat masih ada sebanyak 1.340 warga yang belum rekam untuk membuat KTP,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lebong Elva Mardiana S.IP, M.Si melalui Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Tri Handayani M.Si.
Disebutkannya, total jumlah wajib KTP berdasarkan umur terdata sebanyak 77.358 penduduk atau warga wajib memiliki KTP, sementara sampai saat ini warga yang sudah rekan dan cetak KTP sebanyak 76.018 warga. Artinya, masih ada sekitar 1.340 warga yang belum melakukan perekaman untuk membuat KTP.
“Memang yang belum memiliki KTP ini jumlahnya tidak terlalu banyak, tapi KTP ini wajib dimiliki oleh masyarakat. Apalagi dikondisi jelang Pilkada seperti saat ini, tentu kartu identitas penduduk ini menjadi salah satu syarat warga agar bisa menyalurkan hak pilihnya nanti,” lanjutnya.
Tri juga menambahkan, blanko KTP yang tersedia di Dukcapil masih sangat aman dengan jumlah mencapai lebih kurang 4.346 blanko. Karena itu, pihaknya pun mengimbau warga yang belum memiliki KTP agar dapat segera melakukan pembuatan KTP di Kantor Dukcapil Lebong.
“Kami mengimbau bagi warga Lebong yang sudah berusia 17 tahun agar segera mengurus pembuatan KTP ke kantor Dukcapil,” singkatnya. (wlk)