Beranda Nasional 1 CJH Lebong Meninggal Dunia

1 CJH Lebong Meninggal Dunia

153
Hj Yuliana

LEBONG – 92 orang Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Lebong yang sebelumnya tertunda diberangkatkan pada musim haji tahun sebelumnya, berkurang 1 orang CJH. Pasalnya, 1 orang CJH yang rencana akan diberangkatkan pada musim haji tahun ini dinyatakan telah meninggal dunia. Hal ini disampaikan Kepala Kemenag Lebong, H. Heriansyah, S.Ag, MH, melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Hj. Yuliana, A.Ma.Pd.
“Kita sudah berkoordinasi dengan keluarga almarhum dan akan diganti oleh ahli waris yaitu anak almarhum,” ungkap Yuliana.
Dijelaskannya, CJH yang meninggal dunia hanya bisa diganti oleh ahli warisnya seperti anak kandung, adik kandung, kakak kandung, ibu kandung, dan ayah kandung. Jika ahli waris tidak bersedia baru bisa dilakukan pergantian dengan CJH nomor porsi selanjutnya.
“Kalau ada CJH yang meninggal dunia, jika tidak ada keluarga almarhum kandung yang bersedia menggantikan, maka itu dilakukan pengalihan nomor porsi atau pengembalian setoran ke ahli waris,” jelasnya.
Ditambahkannya, dari 92 orang CJH yang tertunda keberangkatannya tahun lalu, CJH termuda yakni Hendri Marlian Hasanudin (28) warga Desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara sedangkan CJH tertua yakni Murida Tiaran Midan (81) warga desa Topos Kecamatan Topos.
“Sembari menunggu kepastian pemberangkatan gaji dari pemerintah pusat, kami mengimbau CJH untuk menjaga kesehatan dan juga belajar seluruh tahapan ibadah haji di rumah masing-masing,” demikian Yuliana. (wlk)