Beranda Nasional 1 Pasien Positif Covid-19, Bebas Keluyuran

1 Pasien Positif Covid-19, Bebas Keluyuran

213
Petugas medis Puskesmas Muara Aman saat melakukan test swab PCR terhadap pasien positif Covid-19 beberapa waktu lalu.

LEBONG – Meski pemerintah telah meminta pasien positif Covid-19 untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dirumah, ternyata perintah ini tak sepenuhnya diindahkan oleh pasien yang telah dinyatakan positif terpapar Covid-19. Bagaimana tidak, dari 6 pasien positif Covid-19 yang berada diwilayah Puskesmas Muara Aman, ternyata salah satu diantaranya bebas keluyuran ditengah masyarakat. Meski sudah ditegur oleh petugas, namun pasien tersebut malah berbalik memarahi petugas.
Kepala Puskesmas Muara Aman, Febria Mandeka, SKM, dikonfirmasi kemarin membenarkan jika salah satu positif pasien Covid-19 dalam wilayah kerja Puskesmas Muara Aman belum lama ini didapati berkeliaran dan tetap melakukan aktivitas di luar rumah meskipun telah diingatkan oleh petugas untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari, namun peringatan petugas ini tak diindahkan oleh yang bersangkutan bahkan justru balik memarahi petugas.
“Yang bersangkutan juga tidak menggunakan masker saat keluar rumah. Sudah kita ingatkan tapi yang bersangkutan tidak mau terima dan justru memarahi petugas. Padahal, pasien ini tinggal satu rumah dengan orang tuanya yang juga terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Febri.
Dijelaskannya, 6 pasien positif Covid-19 ini sebelumnya tidak menunjukkan adanya gejala terpapar Covid-19. Hanya saja, setelah dilakukan tes swab PCR hasilnya ke 6 orang warga ini dinyatakan positif terpapar Covid-19.
“Hasil test swab ini kami terima pada 11 Mei 2021 yang lalu. Mudah-mudahan, kasus Covid-19 diwilayah kerja Puskesmas Muara Aman tidak bertambah,” harapnya.
Terkait dengan kondisi ini, pihaknya mengimbau kepada masyarakat dalam wilayah Puskesmas Muara Aman untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta menghindari kerumunan.
“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi prokes Covid-19, sehingga penyebaran Covid-19 ini tidak semakin meluas,” singkatnya. (bye)