Beranda Nasional 12 Usulan Pencairan DD Belum Diteken Sekda

12 Usulan Pencairan DD Belum Diteken Sekda

184
Tampak beberapa Kades dan Perangkat Desa tengah menunggu persetujuan usulan pencairan DD yang telah diajukan.

LEBONG – Hingga kemarin (6/5) tercatat baru 39 desa dalam Kabupaten Lebong yang telah mengajukan usulan pencairan DD dan ADD tahap 1 tahun 2021 sebesar 40 persen. Dari jumlah tersebut, 26 usulan telah mendapatkan rekomendasikan pencairan dan telah disampaikan ke Sekda Lebong untuk mendapatkan persetujuan melakukan pencairan.
“Saat ini sudah ada 26 desa sudah mengantongi rekomendasi dari kita. Kemudian, ada 9 berkas yang sudah diteken Sekda dan 12 lainnya masih di meja Sekda, serta 5 berkas belum diteken pak Kadis,” kata Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas PMDSos Lebong, Eko Budi Santoso, SP.
Disebutkannya, 9 desa yang sudah mengntongi SP2D pencairan ini diantaranya Desa Air Kopras, Talang Dononok, Talang Donok I, Talang Batu I, Talang Baru II, Bioa Putiak, Turan Tiging, Suka Negeri, dan Ketenong Jaya. Mengingat masih banyaknya desa yang belum menyerahkan berkas pengajuan tahap pertama, maka pihaknya menghimbau agar masing-masing desa dapat mempercepat penyusunanan laporan APBDes tahun 2021 yang sudah menjadi syarat wajib untuk pengajuan.
“Sekarang sudah bulan Mei, artinya waktu semakin singkat, sementara pencairan tahap pertama baru beberapa desa saja. Kami berharap, agar semua desa bisa segera menyerahkan berkas pengajuan tahap pertama, ” sambungnya.
Eko menambahkan, salah satu persyaratan pengajuan DD yang harus diserahkan masing-masing Desa itu adalah dokumen APBDes. Dimana, dokumen itu nantinya harus dilakukan verifikasi atau pemeriksaan kelengkapannya terlebih dulu oleh pihaknya sebelum diberikan rekomendasi pencairan DD dan ADD. Maka dari itu, Ia berharap agar seluruh Kepala desa dapat menyerahkan berkas pengajuan secara lengkap.
“Batas waktu pengajuan DD dan ADD tahap pertama tidak tetapkan, namun kami menghimbau agar secepatnya seluruh desa bisa secapatnya menyerahkan dokumen APBDes agar bisa dilihat kelengkapan berkasnya, ” singkatnya. (wlk)