Beranda Nasional 14 Hasil Swab Negatif, 1 Positif

14 Hasil Swab Negatif, 1 Positif

526
Pengambilan sampel test swab satu warga yang pernah kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

LEBONG – Dari sebanyak 15 sampel swab yang sebelumnya dikirimkan Dinkes Lebong ke Laboratorium di Bengkulu, hasilnya 14 sampel dinyatakan negatif sedangkan 1 sampel dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. 1 orang warga yang dinyatakan terkonfirmasi positif ini, telah diminta untuk melakukan isolasi mandiri.
“1 sampel swab yang dinyatakan positif ini adalah pasien dengan jenis kelamin perempuan umur 31 tahun. Pasien ini memiliki keluhan demam tapi tidak memiliki riwayat kontak erat dengan pasien positif Covid-19 sebelumnya,” kata Kepala Dinkes Lebong Rachman, SKM melalui Kasubbid Surveilans Imunisasi Donny Novriansyah, S.Kep, MKM, kemarin (13/12).
Diakuinya, 15 sampel swab yang dirilis Pemprov Bengkulu itu merupakan 3 tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lebong, 1 nakes Puskesmas Tes, 8 nakes Puskesmas Kota Donok, 2 nakes Puskesmas Limaupit, dan 1 nakes Puskesmas Talang Leak. Meski demikian, ia mengaku tidak bisa menyebutkan identitas lengkap 1 pasien yang dinyatakan positif Covid-19.
“Dengan adanya penambahan 1 kasus positif Covid-19, sehingga total kasus di Kabupaten Lebong menjadi sebanyak 25 kasus. 23 kasus telah dinyatakan sembuh, sedangkan sisahnya 3 kasus masih menjalani isolasi mandiri dirumah,” terangnya.
Disisi lain, dirinya mengaku jika belum lama ini pihaknya telah mengirimkan sebanyak 17 sampel swab baru ke Pemprov Bengkulu yang terdiri dari keluarga pasien yang memiliki kontak erat dengan pasien positif yang saat ini masih menjalni isolasi mandiri.
“17 sampel swab itu merupakan keluarga pasien yang pernah kontak erat dengan pasien positif. Mudah-mudahan dari pemeriksaan uji laboratorium nanti hasilnya dinyatakan Negatif Covid-19,” ujarnya.
Pihaknya juga mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi himbauan pemerintah dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam upaya pencegahan penyebaran wabah virus corona.
“Kami menghimbau dan mengajak masyarakat supaya tetap mematuhi prokes dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan sabun secara rutin serta menghindari kerumunan,” singkatnya. (wlk)