Beranda Nasional 2 Anak Digigit Anjing Gila

2 Anak Digigit Anjing Gila

527

LEBONG – Dua orang anak di Kelurahan Tes Kecamatan Lebong Selatan belum lama ini terkena gigitan anjing gila. Meski sempat menghebohkan warga sekitar, untungnya kedua anak yang menjadi korban gigitan anjing gila ini segera ditangani tim medis dan dilakukan penyuntikan anti rabies. Sayangnya, anjing yang mengigit kedua anak ini masih berkeliaran.
“Kedua korban ini sudah kita lakukan penyuntikan vaksin untuk mencegah penularan penyakit rabies yang berasal dari Hewan Penular Rabies (HPR) tersebut,” kata Kepala Puskesmas Tes, Apriani, SKM.
Dijelaskannya, penyuntikan vaksin ini bakal dilakukan 3 kali dengan jarak waktu selama 7 hari kedepan dan 14 hari setelah penyuntikan pertama.
“Kedua korban ini tampak sehat dan tidak menunjukkan adanya gejala tertular penyakit dari HPR itu. Tapi, kedua korban ini masih tetap akan kita pantau kondisi kesehatannya hingga pada penyuntikan ketiga nanti,” terangnya.
Dijelaskannya, virus rabies bisa ditularkan melalui gigitan anjing, cakaran, atau air liur yang masuk melalui luka atau lapisan mukosa. Selain anjing, penyakit ini juga bisa dibawa oleh beberapa jenis hewan lain, kemudian menularkannya pada manusia. Virus rabies bisa ditemukan pada hewan, seperti kucing, musang, kera, kelelawar, sapi, kuda, kambing, serta kelinci.
Saat hewan pembawa rabies menggigit manusia, virus mulai menyerang dengan memasuki pembuluh darah dan menyebar di dalam tubuh. Setelah itu, secara perlahan virus akan mencapai otak dan menggandakan diri dengan cepat. Hal itu kemudian menjadi pemicu terjadinya peradangan berat pada otak dan saraf tulang belakang. Peradangan ini bisa berisiko dan berpotensi menyebabkan kematian pada orang yang terinfeksi.
“Kami mengimbau kepada warga untuk lebih berhati-hati terhadap HPR yang ada disekitar lingkungan masing-masing serta jika ada warga yang terkena gigitan HPR agar segera dibawa ke unit kesehatan terdekat agar ditangani secepatnya,” singkatnya. (arp)