Beranda Nasional 2 Bulan, Sudah 3 Pejabat Plt Digeser

2 Bulan, Sudah 3 Pejabat Plt Digeser

412
Serah terima jabatan Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Lebong.

LEBONG – Hanya dalam kurun waktu 2 bulan, kepemimpinan Bupati Kopli Ansori dan Wakil Bupati, Drs. Fahrurrozi, M.Pd, sudah menggeser 3 pejabat pelaksana tugas (Plt) di OPD Pemkab Lebong. Bahkan, kemarin (19/4) giliran Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfo-SP) Lebong yang digeser dan dikembalikan pada jabatan aslinya.
Plt. Kepala Dinas Kominfo-SP Lebong, Frans L. Julai Simanjuntak, SE, dalam serah terima jabatan (sertijab) dengan Plt. Kepala Dinas Kominfo-SP Lebong sebelumnya Donni Swabuana, ST, M.Si, mengaku jika penunjukkan dirinya sebagai Plt. Kepala Dinas Kominfo SP Lebong ini sesuai dengan keputusan Bupati Lebong. Pada kesempatan ini, dirinya mengajak seluruh pegawai di Dinas Kominfo SP Lebong untuk bekerja lebih maksimal khususnya pada tanggung jawab Kominfo-SP sehingga pelayanan bagi masyarakat dapat berjalan dengan maksimal.
“Mari kita bekerja sesuai dengan tupoksi Dinas Kominfo SP Lebong termasuk juga mengoptimalkan seluruh jajaran agar bekerja lebih baik dalam melayani masyarakat serta saling bersinergi dalam organisasi ini,” kata Frans.
Terpisah, Bupati Lebong, Kopli Ansori, saat diwawancarai usai rapat bersama Disperkan Lebong terkait dengan penggantian 3 pejabat Plt di OPD Pemkab Lebong ini, enggan berkomentar mengenai hal itu. “Oh, kalau soal itu nanti akan saya cek lebih lanjut,” singkat Kopli sembari meninggalkan wartawan.
Sementara itu, berdasarkan data dilapangan dalam kurun waktu 2 bulan sudah 3 pejabat Plt yang diganti dibawah kepemimpinan Bupati Kopli Ansori dan Wabup Drs. Fahrurrozi, M.Pd. Ketiga pejabat Plt ini diantaranya Plt. Kepala BKPSDM Lebong yang sebelumnya dijabat oleh Sumiati, SP, MM digantikan oleh Hj. Nelawati Mustarani, SP, MM. Kemudian, Plt. Kepala Disnakertrans Lebong yang sebelumnya dijabat oleh Januar Pribadi, S.Sos, M.Si dan digantikan oleh Jafri, S.Sos yang juga menjabat sebagai Asisten I Setdakab Lebong. Dan terakhir Plt. Kepala Dinas Kominfo SP Lebong, Donni Swabuana, ST, M.Si digantikan oleh Frans L. Julai Simanjuntak, SE yang juga menjabat sebagai Staf Ahli Bupati bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Setdakab Lebong.
Berdasarkan SE nomor 1/SE/I/2021 tentang Kewenangan Pelaksana Harian dan Pelaksana Tugas dalam Aspek Kepegawaian tertanggal 14 Januari 2021 yang ditanda tangani oleh Kepala BKN RI, Bima Haria Wibisana ini menyebutkan bahwa PNS yang ditunjuk sebagai Plt melaksanakan tugasnya untuk paling lama 3 bulan dan dapat diperpanjang paling lama 3 bulan. Saat ini, masih terdapat 5 jabatan Plt yang sudah melebihi ketentuan diantaranya Plt. Kepala Bappeda, Plt. Kepala Disperindagkop dan UKM, Plt. Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD), Plt. Kepala Dinas PUPR-Hub dan Plt. Kabid Bina Marga. (dap)