Beranda Nasional 2 Desa di Lebong Selatan Diterjang Banjir dan Longsor

2 Desa di Lebong Selatan Diterjang Banjir dan Longsor

203
1st : Banjir di Desa Kota Donok Kecamatan Lebong Selatan ini kemarin menyebabkan kemacetan arus lalulintas dan masuk hingga ke rumah warga.

//1 Titik Longsor Dekat Rumah Anggota Dewan

LEBONG – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Lebong kemarin, mengakibatkan banjir dan longsor yang terjadi di 2 desa dalam Kecamatan Lebong Selatan. Akibatnya, banjir dan longsor ini sempat mengakibatkan arus lalulintas Lebong-Curup sempat tersendat. Musibah banjir dan longsor di 2 desa ini terjadi pada 4 titik. Meski tidak ada korban jiwa pada musibah ini, namun 1 titik longsor ini kemarin terjadi tak jauh dari rumah anggota DPRD Lebong, Royana.
Plt. Camat Lebong Selatan, Fendi, SE, dikonfirmasi kemarin membenarkan musibah banjir dan longsor yang terjadi di Desa Kota Donok dan Desa Sukasari Kecamatan Lebong Selatan. Banjir ini terjadi akibat air drainase dipinggir jalan yang meluap hingga ke badan jalan dan menghanyutkan bebatuan.
“Saat ini saya sedang berada di lokasi bencana tanah longsor di desa Kota Donok. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, akan tetapi akses jalan Curup Muara Aman belum bisa dilalui secara maksimal karena satu titik setengah badan jalan tertutup material tanah longsor dan satu titik banjir yang saat ini tengah dilakukan pembersihan,” kata Camat.
Terkait dengan kondisi ini, Camat mengimbau kepada masyarakat dan pengguna jalan lintas Lebong-Curup untuk lebih berhati-hati saat melintas pada ruas jalan tersebut. Bahkan, saat ini sudah dikerahkan alat berat untuk melakukan pembersihan pada material yang terbawa banjir dan longsor yang menutupi badan jalan.
“Saat ini alat berat sudah berada di lokasi membersihkan material tanah longsor. Kami menghimbau kepada masyarakat ataupun pengguna jalan selalu berhati-hati,” singkatnya.
Sementara itu, Kepala BPBD Lebong, Fahkrurozi, S.Sos, M.Si, tidak membantah adanya banjir dan longsor yang terjadi di 2 desa dalam Kecamatan Lebong Selatan ini kemarin. Meski demikian, dirinya memastikan jika saat ini kondiri arus lalulintas pada jalan tersebut sudah kembali normal.
“Saat ini tim BPBD belum bisa turun ke lapangan karena kondisi jarak yang cukup jauh serta kondisi hujan yang masih sangat lebat,” katanya.
Meski demikian, pihaknya memastikan jika besok (hari ini, red) pihaknya akan turun ke lapangan dan akan meminjam alat berat milik anggota DPRD Lebong, Royana, untuk membersihkan material sisa longsor dan banjir.
“Besok (hari ini, red) kita akan turun kelapangan untuk membersihkan material tanah longsor yang terjadi di Lebong Selatan,” tukasnya.
Terpisah, Kapolres Lebong AKBP. Ichsan Nur, SIK, melalui Kapolsek Lebong Selatan, Iptu. Soeroso, SH, dikonfirmasi via ponsel kemarin mengungkapkan musibah banjir dan longsor ini kemarin terjadi di 4 titik dalam wilayah Desa Kota Donok dan Sukasari Kecamatan Lebong Selatan. 3 titik lokasi longsor sudah dilakukan pembersihan.
“Sementara 1 titik longsor yang letaknya tidak jauh dari rumah anggota DPRD Lebong (Royana, red) belum dibersihkan. Tapi secara keseluruhan, arus lalintas sudah kembali normal dan pengguna jalan kami imbau untuk tetap hati-hati,” singkatnya. (wlk)