Beranda Nasional 2 Disetujui, 261 Masih Diproses BKN

2 Disetujui, 261 Masih Diproses BKN

205
Apedo Irman Bangsawan

LEBONG – Dari 263 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong yang telah mengajukan usul kenaikan pangkat untuk priode April 2021. Tercatat baru 2 usul kenaikan pangkat yang sudah disetujui dan tinggal menuggu pertek. Sedangkan, sisanya sebanyak 261 usulan masih diproses di Badan Kepegawaian Negara (BKN) Palembang.

Plt. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lebong, Hj. Sumiati, SP, MM melalui Kabid Mutasi dan Pengadaan Pegawai, Apedo Irman Bangsawan, SH, didamping Kasubbid Kepangkatan Rahmat Aidil Adha, S.Sos mengatakan bahwa tercatat sebanyak 263 berkas usul kenaikan pangkat PNS priode April 2021 sudah diusulkan ke BKN Palembang. Bahkan, dari jumlah itu baru 2 berkas sudah disetujui dan tinggal menunggu pertek untuk dikeluarkan, sedangkan sisahnya 261 berkas masih
dalam proses di sistem berkas digital kepegawaian.

” Berkas usulan yang disampaikan untuk kenaikan pangkat golongan IV.c, ” kata Rahmat sapaan akrabnya kepada Radar Lebong pada Kamis, (25/2).

Lebih jauh Rahmat menunturkan, adapun rincian 263 berkas usul kenaikan pangkat ASN priode April 2021 itu meliputi, 38 kenaikan pangkat golongan IV/a sampai dengan IV/b, 2 kenaikan pangkat golongan IV/c, 188 kenaikan pangkat golongan III, dan 35 kenaikan pangkat golongan II.

“Sebanyak 263 usul kenaikan pangkat ini rinciannya 150 PNS Struktural, 71 PNS Fungsional Guru, 35 PNS Fungsional Kesehatan, serta 7 PNS Fungsional Pertanian, ” terangnya.

Rahmat menjelaskan untuk usul kenaikan pangkat PNS dilakukan pada dua periode, yaitu pada periode April dan priode Oktober. SK kenaikan pangkat PNS nantinya akan dikeluarkan oleh BKN, sedangkan BKPSDM hanya melakukan pencetakan saja. Setelah mendapatkan persetujuan dari BKN, baru BKPSDM mencetak SK kenaikan pangkat PNS tersebut.

Selain itu kenaikan pangkat PNS adalah penghargaan yang diberikan atas prestasi kerja dan pengabdian PNS terhadap negara. Untuk kenaikan pangkat reguler adalah penghargaan yang diberikan kepada PNS yang telah memenuhi syarat yang ditentukan tanpa terikat pada jabatan. Sedangkan kenaikan pangkat pilihan adalah kepercayaan dan penghargaan yang diberikan kepada PNS atas prestasi kerjanya yang tinggi.

“Usul kenaikan pangkat berdasarkan peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2002 tentang perubahan atas peraturan pemerintah nomor 99 tahun 2000 tentang kenaikan pangkat PNS dan keputusan kepala BKN nomor 12 tahun 2002,” jelasnya.

Dia menambahkan dari semua berkas usul kenaikan pangkat untuk priode April 2021 yang sudah diajukan ke BKN Palembang. Tidak bisa dipastikan apakah semua berkas akan disetujui atau tidak, karena tergantung dengan kewenangan BKN.

“Kita berharap, semua berkas usul kenaikan pangkat PNS yang sudah diajukan ke BKN tersebut bisa disetujui oleh BKN Palembang, ” demikian Rachman. (wlk)