Beranda Nasional 2 Kali Batal Berangkat, CJH Akui Sedih dan Kecewa

2 Kali Batal Berangkat, CJH Akui Sedih dan Kecewa

138
Baru Umrah Diperbolehkan, 92 CJH Tahun 2020 Sabar Ya
. Baru Umrah Diperbolehkan, 92 CJH Tahun 2020 Sabar Ya

LEBONG – Kebijakan pemerintah pusat yang kembali membatalkan pemberangkatan jamaah haji pada tahun 2021 setelah ditahun 2020 lalu juga dibatalkan menyisakan kesedihan dan kekecewaan dari Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Lebong. Pembatalan pemberangkatan CJH tahun ini berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor: 660 tahun 2021 tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 H/2021 M.
Drs. Dalmuji Suranto (60) ssalah satu CJH Lebong yang 2 kali batal berangkat melaksanakan ibadah haji akibat pembatalan dari pemerintah pusat ini merasa kecewa dan sedih atas kebijakan ini. Apalagi, ia bersama CJH dalam Kabupaten Lebong sudah lama mempersiapkan keberangkatan melaksanakan ibadah haji ke Mekkah dengan berbagai syarat yang ditetapkan oleh pemerintah.
“Seluruh tahapan dan juga persiapan sudah kita laksanakan, dan kita sangat kecewa tahun ini kembali dibatalkan oleh pemerintah. Apalagi, seperti saya ini yang sudah tua dan harus menunggu lagi tahun berikutnya,” ungkapnya.
Disinggung apakah dirinya akan menarik setoran Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) yang sudah dilunaskan, Dalmuji mengaku tidak akan melakukan hal tersebut. Namun, dirinya tidak bisa memastikan CJH lain dalam Kabupaten Lebong apakah akan melakukan hal tersebut atau sebaliknya.
“Tidak, saya tidak berfikir akan menarik setoran BPIH ini,” lanjutnya.
Meski demikian, setelah 2 kali batal berangkat menunaikan Rukun Islam yang kelima (Haji, red) ini, dirinya berharap agar pemerintah memprioritaskan mereka untuk pemberangkatan pada musim haji tahun mendatang.
“Kami sangat berharap adanya jaminan dari pemerintah, jika kami yang telah 2 kali batal melaksanakan ibadah haji ini menjadi prioritas dalam pemberangkatan haji musim berikutnya,” harapnya. (wlk)