Beranda Nasional 2020, DPMPTSP Keluarkan 50 Izin Penelitian Akademis

2020, DPMPTSP Keluarkan 50 Izin Penelitian Akademis

202
Petugas pelayanan DPMPTSP tampak tengah standby memberikan pelayanan.

LEBONG – Di tahun 2020 lalu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mengeluarkan 50 izin penelitian akademis. Dibanding tahun sebelumnya, jumlah izin penelitian yang dikeluarkan terbilang menurun. Dimana, berdasarkan rekap dari DPMPTSP di tahun 2018 sebanyak 64 izin yang dikeluarkan, lalu di tahun 2019 sebanyak 74 izin.

Kepala DPMPTSP Lebong, Bambang ASB, S.Sos M.Si melalui Kepala Bidang Pengendalian Penanaman Modal dan Sistem Informatika, Yesi Erlita S.Sos menyebutkan hal tersebut bukan terjadi penurunan penelitian. Hanya saja mengingat kondisi pandemi yang masih menjadi penyebab terkendalanya penelitian yang ada di kabupaten Lebong.

“Mayoritas yang melakukan izin penelitian akademis adalah mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Lebong, dan jarang sekali penelitian yang bersifat akademis di lakukan oleh orang luar daerah Lebong,” jelas Yesi.

Ditambahkan , Sekretaris DPMPTSP Lebong, Sudirwan S.Sos, menyampaikan bahwa potensi penelitian yang ada di Kabupaten Lebong termasuk wilayah penelitian yang strategis. Penilaian tersebut bersumber dari beberapa sektor, baik itu penelitian akademis sektor wisata, pertanian, pendidikan bahkan sampai pada penelitian sejarah sekalipun.

“Angka 50 pertahun termasuk angka yang sedikit, mengingat beberapa tahun belakang mencatat lebih dari 50 penelitian akademis yang dilakukan di Kabupaten Lebong,” ujar Sudirwan

Masih menurut Sudirwan, bahwa kegunaan dari izin penelitian ini di lakukan, selain sebagai payung hukum ketika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, juga termasuk sumbangsih pemikiran dari hasil penelitian tersebut kepada Kabupaten Lebong.

“Itulah makanya setiap ada yang ingin mengurus izin penelitian akademis, harus melampirkan proposal penelitian. Dan pada saat selesai, peneliti di minta untuk memberikan hasil penelitiannya kepada DPMPTSP,” demikian Sudirwan. (cw1)