Beranda Nasional 243 Temuan SPI, 63 Temuan Belum Diselesaikan

243 Temuan SPI, 63 Temuan Belum Diselesaikan

106
Sudah Jatuh Tempo, Masih Ada OPD Belum Tindaklanjuti Temuan BPK

LEBONG – Inspektur Inspektorat Lebong, Jauhari Chandra, SP, MM, mengakui dari hasil pemeriksaan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) total temuan dugaan pelanggaran Sistem Pengendalian Intern (SPI) dijajaran Pemkab Lebong mencapai sebanyak 243 temuan. Dari jumlah pelanggaran SPI ini, tingkat penyelesaian temuan ini disebutkan sudah mencapai 64,3 persen dan masih menyisakan 63 temuan SPI yang belum diselesaikan.
“Dari keseluruhan temuan pemeriksaan APIP, tingkat penyelesaiannya mencapai 64,3 persen. Memang masih ada 63 temuan lagi yang belum selesai ditindaklanjuti oleh OPD maupun Pemdes,” katanya.
Disebutkannya, 63 temuan yang belum diselesaikan ini merupakan teguran dan bukan berbentuk uang. Temuan ini sudah pernah dibahas bersama Sekda Lebong dan diminta untuk segera diselesaikan oleh masing-masing OPD.
“Seingat saya dari data temuan itu, yang paling banyak temuan SPI ini di Dinas Dikbud. Sedangkan untuk penyelesaian SPI itu minimal harus selesai 75 persen dan untuk tahun ini kita masih menunggu karena tahun ini masih dalam pemeriksaan kedua yang nantinya akan ditindaklanjuti,” tegasnya.
Jauhari menjelaskan temuan SPI merupakan teguran Bupati terhadap OPD yang selanjutnya ditindaklanjuti dengan teguran terhadap pejabat penatausahaan keuangan di OPD. Contohnya, temuan SOP Dinas yang bukan berbentuk uang tetapi dalam bentuk nilai masalah.
“Temuan SPI itu bukan bernilai uang melainkan jumlah masalah, sedangkan Tuntutan Ganti Rugi (TGR) berbentuk nilai uang,” jelasnya.(bersambung)

Baca koran edisi selengkapnya SKH RL 20 Maret 2021