Beranda Nasional 25 Desa Belum Serahkan LPj DD Tahap III

25 Desa Belum Serahkan LPj DD Tahap III

232
Reko Haryanto

LEBONG – Sebanyak 25 desa dalam Kabupaten Lebong yang sudah menikmati kuncuran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap ketiga Tahun Anggaran 2020. Tercatat, hingga memasuki akhir Bulan Maret Tahun 2021 masih belum juga menyerahkan Laporan Pertanggung jawaban (LPj) realisasi penggunaan DD dan ADD tahap ketiga tahun anggaran 2020. Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Lebong, Reko Haryanto, S.Sos, M.Si kepada Radar Lebong Senin, (22/3).

“Padahal permintaan laporan realisasi pertanggung jawaban penggunaan aanggaran telah diminta sejak jauh hari agar masing masing desa dapat menyerahkan paling lambat tertanggal 26 Februari lalu. Hanya saja, sejauh ini baru 68 desa saja yang sudah menyerakan laporan yang dimaksud,” terang Reko.

Reko menegaskan jika laporan tersebut tidak segera disampaikan maka akan sangat berpengaruh terhadap penyusunan Anggaran Pendapatan Belanaja Desa (APBDes) tahun 2021 ini. Untuk itu, diharapkan bagi desa yang belum menyerahkan laporan realisasi yang dimaksud agar secepat diserahkan kepada pihaknya, sebab jika tidak dilaporkan otomatis desa tidak bisa melakukan pengajuan pencairan tahap pertama TA 2021.

“Apabila laporan pertanggung jawaban ini tidak diserahkan, maka desa tidak bisa melakukan pengajuan berkas pencairan tahap pertamanya,” tuturnya.

Adapun 28 desa yang belum menyerahkan laporan realisasi pertanggung jawaban pengguna anggaran tersebut diantaranya, Nangai Amen, Gandung, Tanjung Bunga I, Semelako I, Semelako II, Semelako III, Semelako Atas, Tanjung Bunga II, Mangkurajo, Tik Kuto, Teluk Dien, Bajok, Pungguk Pedaro, Talang Kerinci, Pelabuhan Talang Leak, Talang Leak II, Ujung Tanjung III, Suka Bumi, Gunung Alam, Kota Baru Santan,Tik Telek, Pelabai, Lemeu, Tangua, dan Tambang Sawah. (wlk)