Beranda Bito Sadei 3 Jenis Penyakit Paling Banyak Ditangani

3 Jenis Penyakit Paling Banyak Ditangani

142
16 Jenis Obat-Obatan Sudah Kadaluwarsa, Termasuk di Puskesmas
Petugas Puskesmas Ketenong tengah melayani salah satu pasien kunjungan yang mendaftar untuk berobat.(foto dokumentasi/radarlebong.com)

PINANG BELAPIS – Sepanjang tahun 2021 ini, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Ketenong Kecamatan Pinang Belapis mencatat dan menangani sebanyak 87 pasien atau warga dalam wilayah itu datang untuk berobat. Dari jumlah tersebut terdapat 3 jenis penyakit terbanyak yang dialami warga meliputi penyakit Febris, Gastritis dan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Hal ini dibenarkan Kepala Puskesmas H. Kusrim, SST melalui Kepala Tata Usaha (TU) Popin Wijaya, SKM saat ditemui di kediamannya pada Selasa, (16/3).

“Sepanjang tahun ini kita (Puskesmas,red) telah melayani sebanyak 87 pasien yang datang untuk berobat. Dan paling banyak penyakit yang dialami warga adalah penyakit ISPA,” kata Popin Wijaya.

Lanjutnya, selain penyakit ISPA juga terdapat penyakit Febris yang merupakan Demam biasa, kemudian penyakit Gastritis yang dialami masyarakat seperti nyeri ulu hati yang hebat, namun hanya bersifat sementara. Meski demikian, semua pasien yang sudah ditangani telah dinyatakan sembuh.

“Untuk tahun ini paling banyak penyakit ISPA yang dialami warga, sedangkan ditahun 2020 paling banyak penderita penyakit Gastritis atau gangguan pencernaan asam lambung penyakit yang paling banyak diderita masyarakat,” sampainya.

Menurutnya, untuk mencegah berbagai wabah penyakit dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan, maka dari itu dihimbau kepada seluruh pemerintah desa yang ada di Kecamatan Pinang Belapis dapat secara rutin mengajak warga diwilayah masing-masing untuk melaksanakan kegiatan gotong royong.

“Kami berharap, pemdes dapat secara rutin melakukan kegiatan getong royong membersihkan lingkungan tempat tinggal. Kemudian dihimbau agar tidak melakukan aktivitas pembakaran hutan atau lahan yang dapat menyebabkan terjadinya kabut asap,” pungkasnya. (rak)