Beranda Nasional 3 Warga Lebong Meninggal Dunia Positif Covid 19

3 Warga Lebong Meninggal Dunia Positif Covid 19

575
Petugas medis Puskesmas Muara Aman saat melakukan test swab terhadap warga di Kecamatan Lebong Utara.

LEBONG – Kasus Covid-19 di Indonesia belum juga mengalami titik terang dan masih terus bertambah. Tak terkecuali di Kabupaten Lebong, dimana terdata
total kumulatif keseluruhan postif corona yang dialami oleh warga Kabupaten Lebong mencapai sebanyak 159 kasus dengan rincian 148 kasus dinyatakan sembuh, 3 kasus meninggal dunia, dan 8 kasus lainnya masih menjalani isolasi mandiri.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong, Rachman, SKM, melalui Kasubbid Surveilans Imunisasi, Donny Novriansyah, S.Kep, MKM, mengatakan penambahan 1 kasus positif baru yang dialami warga Lebong itu merupakan pengambilan spesimen dari RS DKT Bengkulu yang di rilis Pemprov Bengkulu belum lama ini.

“1 warga Lebong positif ini dirilis Pemprov Bengkulu pada Sabtu (12/6). Dan itupun merupakan pengambilan spesimen dari RS DKT Bengkulu bukan pengambilan dari Lebong, ” kata Donny Nopriansyah.

Lebih jauh, Donny menerangkan, jika pihaknya masih menunggu sebanyak 22 hasil sampel swab yang baru dikirim ke laboratoriam Pemprov Bengkulu. Yang mana, masing-masing sampel itu merupakan hasil tracking terhadap yang pernah melakukan kontak dengan sejumlah pasien positif Covid-19 yang masih menjalani isolasi mandiri. Dengan demikian, kata Donny, tidak menutup kemungkinan kasus konfismasi postif corona di Lebong akan kembali bertambah.

“Sekarang kita masih menunggu hasil sampel tes swab warga Lebong yang belum lama ini sudah kita kirim ke Pemprov Bengkulu. Artinya, tidak menutup kemungkinan positif di Lebong akan bertambah, ” lanjutnya.

Donny menambahkan, pihaknya mengajak dan mengimbau kepada masyarakat dalam Kabupaten Lebong, agar tidak pernah kendor dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan serta menghindari kerumunan.

“Kasus postif di Lebong belakangan ini terus bertambah, oleh karena itu kami mengajak dan mengimbau agar seluruh masyarakat tetap disiplin menerapkan prokes. Dengan begitu, akan dapat mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tutupnya. (wlk)