Beranda Bito Sadei 30 Orang Warga Disuntik Vaksin Dosis Kedua

30 Orang Warga Disuntik Vaksin Dosis Kedua

176
Petugas medis ketika memberikan suntik vaksin Covid-19 untuk dosis kedua bagai warga desa Ketenong II.

PINANG BELAPIS – Sebanyak 30 orang warga desa Ketenong II kecamatan Pinang Belapis sudah mendapatkan suntik vaksin Covid-19 untuk dosis kedua. Penyuntikan dosis kedua itu langsung diberikan petugas medis Puskesmas Ketenong II pada Minggu (15/8) kemarin.
“Alhamdulillah, hari ini (kemarin,red) sebanyak 30 orang warga desa Ketenong II sudah diberikan suntik vaksin untuk dosis kedua. Mudah-mudahan mereka yang sudah mendapat suntik kedua ini bisa terhindar dari penularan wabah Covid-19,” kata Kepala Puskesmas, H. Kusrin, saat dikonfirmasi Radar Lebong.
Lebih jauh, dijelaskannya, untuk mekanisme pemberian suntik vaksin dosis kedua masih sama dengan suntik tahap pertama mulai dari tahapan pendaftaran, registrasi, screening hingga observasi selama 30 menit usai di vaksinasi untuk menentukan apakah sasaran dinyatakan layak disuntik matau sebaliknya.
“Jadi setiap sasaran sebelum disuntik vaksin Covid-19, para nakes akan melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan warga atau sasaran. Apabila dinyatakan layak maka akan langsung disuntik vaksin,” ujarnya.
Dia menambahkan, pihaknya mengimbau baik masyarakat yang sudah mendapatkan suntik vaksin ataupun yang belum disuntik agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Seperti tetaop menggunakan maskes saat melakukan aktivitas diluar rumah, mencuci tangan, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan yang berpotensi bisa terpapar wabah virus corona.
“Jadi masyarakat yang sudah disuntik vaksin itu bukan berarti bisa terhindar dari wabah Covid-19. Untuk itulah, tetap patuhi imbauan pemerintah dengan selalu disiplin menerapkan prokes untuk mencegah serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” demikian Kusrin. (rak)