Beranda Nasional 4 Desa Belum Pengajuan DD Tahap Pertama

4 Desa Belum Pengajuan DD Tahap Pertama

62
Pegawai dan staf bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lebong memverifiksi berkas pengajuan yang diserahkan oleh pihak desa.

LEBONG – Memasuki akhir pertengahan tahun 2021, sedikitnya masih menyisahkan 4 desa tersebar di tiga Kecamatan dalam Kabupaten Lebong yang belum menyerahkan berkas pengajuan pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) 40 persen tahap pertama tahun anggaran 2021 ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Lebong melalui bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

“Masing-masing desa yang belum menyerahkan berkas pengajuan tahap pertama ini diantaranya, desa Nangai Tayau Kecamatan Amen, Pungguk Pedaro, Talang Leak II, Kecamatan Bingin Kuning, dan Tanjung Bunga I Kecamatan Lebong Tengah, ” kata Kepala Dinas PMDSos Lebong, Reko Haryanto, S.Sos, M.Si, melalui Kabid PMD, Eko Budi Santoso, SP kepada Radar Lebong.

Lebih jauh, Eko menerangkan, mereka yang belum melakukan pengajuan tahap pertama tersebut lantaran masih dalam proses penyusunan berkas persyaratan, karena memang BPD di masing-masing desa itu baru selesai dilantik Bupati Lebong, Kopli Ansori. Meski demikian, Eko mengaku tidak ada batas waktu yang ditetapkan untuk pengajuan tahap pertama, namun diharapkan bagi desa yang belum menyerahkan berkas pengajuan agar secepatnya bisa diserahkan ke PMD agar bisa dilakukan verifikasi terhadap kelengkapan dokumen APBDes sebelum dikeluarkan rekomendasi.

“Kami mengimbau agar masing-masing desa biaa segera menyerahkan berkas pengajuan tahap pertama. Apalagi mengingat saat ini sudah memasuki akhir pertengahan tahun 2021,” imbuhnya.

Sementara itu, kata Eko, dari 89 desa yang sudah mencairkan DD tahap pertama belum seluruhnya telah menyelesaikan laporan realisasi penyaluran Bantuan Labgsung Tunai (BLT) untuk priode bulan Januari. Yang mana, laporan realisasi penyaluran itu merupakan salah satu syarat untuk mencairakan BLT-DD bulan kedua.

“Baru beberapa desa saja yang sudah menyelesaikan laporan realisasi penyaluran BLT bulan pertama, sedangkan desa lainnya masih dalam proses input ke dalam aplikasi omspan, ” lanjutnya.

Eko menambahkan, untuk persyaratan berkas pengajuan DD dan ADD tahap kedua, masing-masing desa harus selesai merealisasikan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) lima bulan yakni bulan Januari hingga Juni 2021. Maka dari itu, diimbau bagi desa yang sudah melakukan pencairan tahap pertamanya dapat segera merealisasi kegiatan yang sudah direncanakan, sehingga selanjutnya bisa menyiapkan berkas pengajuan tahap kedua tahun anggaran 2021.

“Jadi salah satu syarat pengajuan tahap kedua masing-masing desa harus menuntaskan penyaluran BLT-DD 5 bulan, ” singkatnya. (wlk)