Beranda Nasional 5.988 Lebong Warga Berstatus Janda dan Duda

5.988 Lebong Warga Berstatus Janda dan Duda

518

LEBONG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lebong mencatat jumlah penduduk Lebong yang menyandang status janda dan duda mencapai sebanyak 5.988 jiwa. Hal ini berdasarkan laporan penduduk menurut status kawin semester II tahun 2020.
Kepala Dinas Dukcapil Lebong, Elva Mardiana, S.IP, M.Si, melalui Kabid Pemampaatan data dan Inovasi Pelayanan, Tri Handayani, M.Si, mengungkapkan dari 5.988 jiwa masyarakat Lebong menyandang status janda dan duda tersebut diantaranya sebanyak 1.567 jiwa cerai hidup dan 4.421 cerai mati.
“Sesuai laporan penduduk menurut status kawin semester II, sebanyak 5.988 jiwa masyarakat Lebong menyandang status janda dan duda. Jumlah itu meningkat jika dibandingkan dengan semester I dari 5.709 jiwa,” katanya.
Disebutkannya, untuk cerai hidup terbanyak berada di Kecamatan Lebong Utara sebanyak 297 jiwa, Bingin Kuning 194 jiwa, dan Lebong Selatan 185 jiwa. Sementara untuk cerai mati terbanyak berada di Kecamatan Lebong Utara sebanyak 844 jiwa, Lebong Selatan sebanyak 655 jiwa, dan Lebong Sakti sebanyak 452 jiwa. Selain cerai hidup dan cerai mati lanjutnya, untuk jumlah masyarakat belum kawin dan kawin sebanyak 102.040 jiwa. Rinciannya 46.421 jiwa belum kawin dan 55.619 jiwa kawin.
“Untuk data laporan penduduk menurut status kawin ini, dalam satu tahun di update oleh pusat selama dua semester,” paparnya.
Ditambahkannya, mengingat tingginya angka cerai hidup di Kabupaten Lebong, pihaknya beraharap pemerintah daerah harus dapat mengidentifikasi untuk dilakukan pencegahan. Sebab, dengan adanya ketidak harmonisan dalam sebuah rumah tangga tentu akan berdampak pada tingginya angka perceraian.
“Harus ada perhatian bersama terhadap kondisi ini termasuk pembinaan terhadap pasangan yang baru menikah agar dapat membangun rumah tangga yang berkualitas dan harmonis,” singkatnya. (wlk)