Beranda Bito Sadei 5 Tahun Rusak, Jalan Berlubang Tak Kunjung Diperbaiki

5 Tahun Rusak, Jalan Berlubang Tak Kunjung Diperbaiki

134
Tampak kondisi jalan berlubang di Kelurahan Kampung Jawa yang belum diperbaiki.

LEBONG UTARA – Warga Kelurahan Kampung Jawa kecamatan Lebong Utara mengeluhkan kondisi jalan yang rusak dan berlubang, tepatnya dikawasan Kelurahan Kampung Jawa munuju arah objek wisata Air Putih Kecamatan Pinang Belapis. Kondisi itu dikeluhkan warga dan pengendara lantaran sudah 5 tahun mengalami kerusakan, namun tak kunjung mendapatkan perhatian pemerintah baik Pemerintah Daerah (Pemda) Lebong maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu untuk dilakukan perbaikan.

Robi (30), warga setempat mengatakan bahwa kondisi jalan rusak dan berlubang tersebut sejak 5 tahun terakhir, kerusakan itu terjadi setelah adanya pelebaran jalan. Namun setelah pelebaran jalan selesai dilakukan badan jalan mengalami kerusakan dan sampai saat ini belum ada tindakan akan dilakuka perbaikan jalan. Padahal kondisi jalan rusak dan membentuk lubang mengangah sanat membahayakan keselamatan para pengguna jalan terutama para pengendara roda dua.

“Sudah 5 tahun Om jalan ini mengalami kerusakan, tapi sampai sekarang belum tindakan dari pihak-pihak terkait untuk melakukan perbaikan jalan berlubang. Padahal, sudah banyak pengedara yang terjatuh akibat jalan berlubang ditambah dengan minimnya lampu penerang jalan umum,” kata Robi kepada Radar Lebong Minggu, (14/3).

Sementara itu lanjutnya, kondisi jalan rusak tersebut sudah pernah dilakukan upaya perbaikan dengan menggunakan alat dan bahan seadanya seperti semen dan pasir untuk menutup jalan rusak berlubang. Sayangnya, karena dalam setiap harinya dilalui ratusan hiingga ribuan kendaraan saat ini kondisi jalan kembali mengalami kerusakan dan berlubang.

“Seperti yang terlihat sekarang, kerusakan jalan ini semakin hari semakin parah. Mudah-mudahan saja ada upaya perbaiakan dari pihak-pihak terkait sebelum menimbulkan korban jiwa,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Sri (50), warga setempat yang rumah miliknya tepat berhadapan dengan ruas jalan rusak. Ketika sedang turun hujan jalan rusak dan berlubang digenangi air, sehingga kendaraan yang terjebak atau melewati jalan berlubang menyebabkan percikan air ke teras rumah miliknya. Bahkan, sejumlah pengendara khusnya sepeda motor kerap terjatuh akibat jalan berlubang tersebut. Untuk itu, diharapkan pemrintah terkait dapt segera melakukan perbaikan terhadap jalan rusak ini karena kondisi tersebut sangat membahayakan dan juga merugikan.

“Harapan kami jalan rusak dan berlubang ini bisa segera dilakukan perbaikan, jangan sampai nantonya setelah ada korban jiwea yang terjatuh disi baru diambil tindakan untuk melakukan perbaikan jalan rusak,” sindirya. (bye)