Beranda Nasional 5 Tambang Galian C Sumbang PAD Rp 327 Juta

5 Tambang Galian C Sumbang PAD Rp 327 Juta

184
Rudi Hartono

LEBONG – Meskipun potensi tambang galian C di Kabupaten Lebong cukup menjanjikan, namun hal ini tampaknya belum dapat mendongkrak pendapatan bagi daerah. Bagaimana tidak, pada tahun 2020 lalu dari target sebesar Rp 500 juta, ternyata yang terealisasi hanya sebesar Rp 327 juta saja.
“Salah satu kendala yang dihadapi karena pandemi Covid-19, sehingga beberapa aktivitas pertambangan galian C tidak berjalan. Awalnya target PAD dari sektor galian C ini ditetapkan sebesar Rp 500 juta, namun karena pandemi direvisi menjadi sebesar Rp 300 juta. Akhir tahun lalu, dari target 300 juta ini sumbangan PAD dari sektor ini terealisasi sebesar Rp 327 juta,” ungkap Plt. Kepala BKD Lebong, Erik Rosadi, SSTP, M.Si melalui Kabid Pendapatan, Rudi Hartono, SE, M.Ak.
Pada tahun ini, PAD sektor galian C yang ditetapkan dalam APBD Lebong mencapai sebesar Rp 400 juta karena menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19. Meski demikian, pihaknya optimis jika target ini bakal tercapai pada akhir tahun mendatang.
“Kalau melihat realisasi tahun lalu, kita sangat optimis target ini bisa tercapai sebelum tutup tahun anggaran nanti,” singkatnya. (wlk)