Beranda Nasional 6 Pemenang Pilot Project Tertib Adminduk Terima Penghargaan Bupati

6 Pemenang Pilot Project Tertib Adminduk Terima Penghargaan Bupati

264
Bupati, Kopli Ansori, menyerahkan penghargaan kepada desa dan kelurahan pemenang lomba pilot project tertib adminduk tahun 2021.

LEBONG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebong menetapkan 6 desa dan kelurahan dalam Kabupaten Lebong sebagai pemenang lomba pilot project desa dan kelurahan tertib administrasi kependudukan (adminduk) dalam Kabupaten Lebong tahun 2021. Masing-masing pemenang ini mendapatkan piala dan penghargaan dari Bupati Lebong dan juga diberikan uang pembinaan.
Adapun 6 desa pemenang lomba ini diantaranya juara I Desa Nangai Tayau Kecamatan Amen, juara II Desa Talang Liak II Kecamatan Bingin Kuning, juara III Desa Karang Dapo Atas Kecamatan Bingin Kuning, juara Harapan I Desa Danau Liang Kecamatan Lebong Tengah, juara Harapan II Desa Bajok Kecamatan Rimbo Pengadang dan juara Harapan III Kelurahan Taba Anyar Kecamatan Lebong Selatan.
Kepala Dinas Dukcapil Lebong, Elva Mardiana, SIP, M.Si menjelaskan indikator penilaian pada lomba ini diantaranya adalah administrasi kependudukan secara umum, publikasi kependudukan, tata kelola arsip/pendokumentasian, sarana dan prasarana, pencapaian target kepemilikan dokumen warga serta inovasi kependudukan desa/kelurahan.
“Misalnya proses perekaman adminduk yang sudah mencapai 100 persen mulai dari e-KTP, KIA. Dalam artinya, seluruh Kepala Keluarga (KK) yang ada di desa tersebut sudah memiliki adminduk sesuai ketentuan pemerintah,” katanya.
Pelaksanaan lomba ini, lanjutnya, sesuai dengan Surat Gubernur Bengkulu Nomor 21 Januari 2021 dan ditindaklanjuti dengan SK Bupati Lebong nomor 108 2021 tertanggal 10 Maret 2021 tentang desa/kelurahan sebagai Pilot Project Tertib Administrasi kependudukan di Kabupaten Lebong. Dimana sebelumnya Dukcapil Lebong telah melakukan pembinaan terhadap 50 desa/kelurahan sejak bulan Maret 2021 dan dilanjutkan penilaian pada Juli hingga pertengahan Agustus.
“Kita berharap bagi desa lain yang belum ditetapkan menjadi pemenang dapat terus memperbaiki kekurangan yang ada, sehingga kedepan seluruh desa dalam Kabupaten Lebong tertib adminduk,” harapnya.
Ditambahkan Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Tri Handayani, M.Si, khusus bagi juara I yakni Desa Nangai Tayau Kecamatan Amen, akan mewakili Kabupaten Lebong pada lomba serupa ditingkat Provinsi Bengkulu. Rencananya, pelaksanaan lomba ini akan digelar pada November mendatang.
“Kita akan terus melakukan pembinaan, dengan harapan Desa Nangai Tayau ini bisa menjadi pemenang dalam lomba ditingkat Provinsi Bengkulu. Dan kami juga berharap, desa dan kelurahan lain dalam Kabupaten Lebong untuk bersama-sama melaksanakan tertib adminduk,” singkatnya. (wlk)