Beranda Tubei 7 Desa Ini Bakal Dijadikan Bank Sampah

7 Desa Ini Bakal Dijadikan Bank Sampah

25
7 Desa Ini Bakal Dijadikan Bank Sampah
Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lebong, Indra Gunawan, S.Pi, M.Si.

LEBONG, radarlebong.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebong tahun 2022 bakal menggarap 7 desa kelurahan di 3 kecamatan untuk dijadikan bank sampah.

Ke 7 desa/kelurahan tersebut antara lain Desa Sungai Gerong Kecamatan Amen, Kelurahan Tes, Mubai dan Kelurahan Taba Anyar Kecamatan Lebong Selatan dan Kelurahan Pasar Muara Aman, Desa Kampung Muara Aman dan Kelurahan Kampung Jawa Kecamatan Lebong Utara.

“Dengan pengembangan bank sampah ini ditargetkan bisa mengurangi volume sampah sebesar 25 persen atau lebih dari itu,” kata Kabid Kebersihan dan Persampahan DLH Kabupaten Lebong, Indra Syarifudin, ST, ME.

Lanjut Indra, apalagi desa dan kelurahan tersebut, sudah menjadi bagian dari bank sampah yang dijalankan oleh salah satu perusahaan di Kecamatan Lebong Selatan.

“Mereka inilah yang akan kami dorong untuk mendirikan bank sampah sendiri. Dengan harapan kedepan bisa membentuk kelembagaan sendiri,” jelasnya.

Baca Juga : Bahaya, DLH Temukan Limbah Medis Puskesmas Belum Dikelola Optimal

Ia menambahkan, konsep  sama halnya dengan bank pada umumnya. Masyarakat menabung dalam bentuk sampah plastik, yang kemudian akan dicatat di buku tabungan. Sehingga jika diperlukan bisa ditarik dalam bentuk uang. Dengan konsep ini diharapkan bisa mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Disisi lain juga memberikan dampak ekonomis bagi masyarakat. Sementara sampah yang sudah disetorkan ke Bank Sampah bisa diolah dalam bentuk lain yang memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi. Misalnya menjadi biji plastik hingga kerajinan.

“Dengan kesadaran masyarakat dalam melakukan pengelolaan sampah ini artinya mereka juga ikut menjaga lingkungan,” singkatnya.(bye)