Beranda Nasional 8 Masjid dan 3 Mushola, Tak Sesuai Arah Kiblat

8 Masjid dan 3 Mushola, Tak Sesuai Arah Kiblat

114
Petugas Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lebong saat melakukan pengukuran arah kiblat.

LEBONG – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lebong telah melakukan pengukuran arah kiblat disejumlah masjid dalam wilayah Kabupaten Lebong. Diketahui, sebanyak 8 masjid dan 3 mushollah ditemukan tidak sesaui arah kiblat, pengukuran itupun dilakukan berdasarkan data astronomis, 27 dan 28 Mei 2021 pada 16:18 WIB, matahari melintas tepat di atas Ka’bah, Makkkah, Saudi Arabia.
“Dari hasil pengukuran arah masjid yang sudah kita lakukan ditemukan 8 masjid dan 3 mushollah yang tidak sesuai arah kiblat,” ungkap Kepala Kemenag Lebong, H. Heriansyah, S.Ag, MH, melalui Kasi Bimas Islam Arief Aizizi, S.Ag, MH, kepada Radar Lebong.
Disebutkannya, 11 masjid tak sesuai dengan arah kiblat itu tersebar di 7 Kecamatan diantaranya, Masjid Nurul Iman Kecamatan Pelabai, Masjid Al-Huda dan Masjid Al-Maskur Kecamatan Lebong Atas, Masjid Ta’Arup dan Masjid Al-Huda Kecamatan Lebong Utara, Masjid Al-Amin, dan Masjid Muhajirin Kecamatan Amen, Masjid Al-Mukmin Kecamatan Lebong Selatan, Mushola Al-Ikhlas Kecamatan Pinang Belapis, Mushola Miftahul Jannah dan Mushola SKM Uram Kecamatan Uram Jaya.
“Pengukuran arah kiblat sendiri dilakukan dengan menggunakan alat kompas, benang, papan, paku, dan panjang,” kata Arief.
Terkait dengan hal ini, lanjutnya, pihaknya telah meminta KUA agar menyampaikan kepada masing-masing desa, supaya mensosialisasikan kepada masyarakat dalam wilayahnya agar mengikuti arah kiblat yang baru sesuai dengan apa ynag sudah diukur oleh Kemenag Lebong.
“Kami berharap, para kepala KUA maupun pihak desa agar mensosialisasikan kepada masyarakat atas perubahan arah kiblat yang baru sesuai dengan apa yang sudah diukur,” ujarnya.
Ditambahkannya, pengukuran arah kiblat sendiri dilakukan secara rutin oleh Kemenag dalam setiap tahunnya. Karena mengingat arah kiblat kerap terjadi perubahan yang disebabkan oleh berbagai faktor penyebab.
“Untuk pengukuran arah kiblat ini setiap tahunnya kita lakukan dari pihak Kemenag. Jadi tidak hanya pada momen tertentu saja,” singkatnya. (wlk)