Beranda Nasional 9 Desa Kantongi Rekomendasi Pencairan DD dan ADD

9 Desa Kantongi Rekomendasi Pencairan DD dan ADD

269
Beberapa Pemdes dalam Kabupaten Lebong menyerahkan dokumen APBDes ke Dinas PMDSos guna melakukan pencairan DD dan DD tahap I.

LEBONG – Jelang lebaran, 9 dari 93 desa penerima Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) dalam Kabupaten Lebong, telah mengantongi rekomendasi pencairan DD dan ADD tahap I tahun anggaran 2021 dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Lebong. Tercatat, hingga saat ini sudah ada 23 desa yang telah mengajukan syarat pencairan ke Dinas PMDSos Lebong.
“Sampai saat ini baru 23 desa yang sudah menyerahkan berkas pengajuan ke PMD, dan 9 desa sudah mengantongi rekomendasi yang selanjutnya melakukan proses pencairan di BKD,” kata Kepala Dinas PMDSos Lebong, Reko Haryanto, S.Sos, M.Si.
Adapun 23 desa yang sudah menyerahkan berkas pengajuan itu diantaranya Desa Semelako I, Semelako Atas, Talang Donok I, Talang Baru I, Bioa Putiak, Suka Negeri, Talang Donok, Ketenong Jaya, Talang Baru II, Air Kopras, Turan Tiging, Teluk Dien, Manai Blau, Sebelat Ulu, Selebar Jaya, Garut, Tik Teleu, Talang Bunut, Sukau Rajo, Magelang Baru, Daneu, Tabeak Belau, dan Tik Tebing. Sedangkan, 9 desa yang sudah mengantongi rekomndasi pencairan yakni Desa Semelako I, Semelako Atas, Kecamatan Lebong Tengah, Suka Negeri, Talang Donok, Talang Donok I, Talang Baru I, Talang Baru II, Kecamatan Topos. Kemudian Desa Ketenong Jaya dan Desa Bioa Putiak Kecamatan Pinang Belapis.
Dijelaskannya, salah satu syarat pengajuan pencairan DD dan ADD yang harus diserahkan masing-masing desa yakni dokumen APBDes. Dokumen ini akan dilakukan verifikasi kelengkapan lebih dulu sebelum diberikan rekomendasi untuk melakukan pencairan.
“Batas waktu pengajuan DD dan ADD tahap pertama tidak tetapkan, namun kami menghimbau agar desa bisa secepatnya menyerahkan dokumen APBDes. Dengan begitu desa bisa melakukan proses pencairan, yang selanjutnya melaksanakan pembangunan desa masing-masing,” pungkasnya. (wlk)