Beranda Nasional 9 Desember, Nakes Tetap Standby

9 Desember, Nakes Tetap Standby

177
Stop BAB Sembarangan, Berikut Target 20 Desa Sadar Jamban
Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM, M.Si

LEBONG – Sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 22 Tahun 2020 Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020 yang ditetapkan sebagi hari libur nasional. Maka seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dijajaran Pemkab Lebong akan diliburkan agar dapat menyumbangkan hak pilihnya pada pilkada serentak 9 Desember 2020.

Namun, berbeda halnya dengan Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupataen Lebong, dimana hari pencoblosan tenaga nakes diminta untuk tetap standbay baik di RSUD, Puskesmas, dan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hal itu dilakukan agar para nakes dapat memantau kesehatan panitia TPS maupun masyarakat yang datang menyumbangkan suara ke TPS guna untuk mendukung suksesnya pilkada 2020.

“Iya, libur nasional 9 Desember tanaga nakes tanggal 9 Desember tetap standbay baik di RSUD, Puskesmas, maupun di setiap TPS. Sebab berkaca pada pemilu pada sebelumnya banyak panitia yang kualahan, bahkan banyak panitia pemungutan suara yang sakit karena kualahan. Sehingga pada pilkada tahun ini kesehatan tenaga nakes kita minta standbay untuk membantu memantau kesehatan fisik panitia pemungutan suara dalam mendukung suksesnya pilkada 2020,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong Rachman, SKM, ketika dikonfirmasi Radar Lebong Kamis, (3/12).

Diakui Rachman, saat ini pihaknya masih tengah melakukan berbagai kesiapan untuk mendukung jalannya pilkada serentak. Seperti pelaksanaan rapid tes terhadap seluruh panitian penyelenggara pilkada yang sudah dilaksanakan sejak Rabu 2 sampai dengan 4 Desember besok, (hari ini,red) kurang lebih sebanyak 2.000 panitia.

“Tadi, (kemarin,red) kita masih melakukan rapid tes terhadap seluruh panitia pilkada, kemungkinan besok, (hari ini,red) semua panitia sudah di rapid tes,” sampainya.

Dia menambahakan, KPU telah menyiapkan bilik khusus di setiap TPS apabila ada masyarakat yang mengalami demam, jadi di setiap TPS ini petugas nakes yang termasuk dalam tim siaga akan terus standbay.

“Tim nakes ini akan standbay di setiap TPS, dan mereka ini nantinya akan berjaga secara bergiliran,” singkkatnya. (wlk)