Beranda Nasional 92 CJH Dipastikan Batal Berangkat Tahun Ini

92 CJH Dipastikan Batal Berangkat Tahun Ini

221
Hj Yuliana

LEBONG – 92 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Lebong yang sebelumnya batal berangkat pada musim haji tahun 2020 lalu, tampaknya harus lebih sabar menyusul ketetapan pemerintah pusat yang membatalkan pemberangkatan haji tahun ini (2021, red) karena Pandemi Covid-19. Meski demikian, 92 JCH ini dijadwalkan berangkat melaksanakan ibadah haji pada tahun 2022 mendatang.
“Sesuai dengan Keputusan Menag RI Nomor 660 Tahun 2021, bahwa pemberangkatan haji tahun 1442 H (2021 M) dibatalkan. Pembatalan ini dilakukan mengingat pandemi Covid-19 yang masih terjadi,” kata Kepala Kemenag Lebong, H. Heriansyah, S.Ag, MH, melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Hj. Yuliana, A.Ma.Pd.
Selain itu, lanjutnya, masih dalam keputusan Menag tersebut terdapat beberapa point penjelasan diantaranya pembatalan keberangkatan CJH pada penyelenggaraan ibadah haji bagi warga negara Indonesia yang menggunakan kuota haji Indonesia dan kuota haji lainnya. Kemudian, pelaksanaan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam diktum kesatu tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan, dan keputusan ini mulai berlaku pada tanggal sejak ditetapkan.
Berkaitan dengan hal ini, bagi CJH yang batal berangkat dan sudah melakukan pelunasan Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH), untuk tidak mengambil semua biaya pelunasan. Karena CJH yang batal diberangkatkan tetap akan diprioritaskan untuk berangkat haji di tahun 2022 mendatang. “Jika BPIH ini ditarik seluruhnya, maka yang bersangkutan harus mendaftar ulang dari awal dan akan menunggu sesuai dengan masa tunggu yang sudah ditetapkan. Karena itu, kami berharap CJH Lebong tidak menarik semua biaya BPIH yang sudah dilunasi,” singkatnya. (wlk)