Beranda Nasional Abaikan Prokes, Pemkab Akan Cabut Izin Usaha

Abaikan Prokes, Pemkab Akan Cabut Izin Usaha

160

LEBONG –┬áBerbagai upaya pencegahan penyebaran wabah Virus Corona Disease 2019 (Covid-19) terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, selain meminta masyarakat tetap disiplin menerpakan protokol kesehatan (prokes). Penerapan ptokes juga diwajibkan bagi pelaku usaha yang beroperasi di Kabupaten Lebong guna meminimalisir terjadinya lonjakan penyebaran Covid-19. Jika tidak, maka Pemkab Lebong akan mencabut izin operasinya.
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lebong, Zainal Husni Toha, SH, MH melalui Kabid Ketertiban dan Ketentraman Masyarakat, Andrian Aristiawan, SH mengatakan kedepan bagi para pelaku usaha yang tidak mengindahkan prokes akan diberikan sanksi tegas yakni dengan mencabut izin usahanya. Hal ini sesuai dengan intruksi Bupati, Kopli Ansori, dalam rangka mencegah penyebaran virus corona.
“Tapi sanksi ini akan diberlakukan secara bertahap sesuai aturan yang berlaku. Dan saat ini bagi pelanggar prokes masih diberikan sanksi sosial dan sanksi membeli masker,” ungkapnya.
Disebutkannya, dalam Peraturan Bupati Lebong Nomor 45 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan, sanksi bagi pelanggar prokes ini bisa dikenai denda sebesar Rp 100 ribu dan bagi pelaku usaha di denda sebesar Rp 500 ribu.
“Dan bagi pelanggar prokes ini juga akan dikenai sanksi berupa menahan KTP nya jika yang bersangkutan tidak membayar denda sesuai aturan. Jika KTP ini tidak ditebus, maka KTP tersebut akan diblokir,” singkatnya. (wlk)