Beranda Bito Sadei Abrasi Sungai Air Putih, Ancam Belasan Rumah Warga

Abrasi Sungai Air Putih, Ancam Belasan Rumah Warga

153
Kades Bioa Putiak ketika melihat abrasi sungai yang mencam puluhan rumah warga desanya.

PINANG BELAPIS – Longsor akibat abrasi sungai air putih mengancam belasan rumah warga yang berada didesa Bioa Putiak Kecamatan Pinang Belapis khususnya rumah warga yang tinggal berada didekat pinggiran sungai, akibat tebing terus mengalami abrasi akibat hantaman arus sungai.

Kades Zulkaidi mengatakan bahwa memasuki musim penghujan yang seperti sekarang ini terjadi, membuat abrasi sungai terus terjadi dan menimbulkan ketakutan bagi sejumlah warga di desanya yang tinggal didekat perairan sungai. Karena sepanjang aliran sungai mengalami abrasi akibat tebing yang berada dibelakang rumah warga terus diterjang usungai air putih.

“Ada belasan rumah warga kita yang jaraknya hanya 2-3 meter dari bibir sungai. Kondisi ini harusnya cepat dicarikan solusinya oleh pemerintah daerah untuk mengatisipasi supaya hal buruk yang tidak kita inginkan terjadi seperti ambruknya rumah warga akibat abrasi sungai,” kata Kades saat ditemui Radar Lebong.

Dia menambahkan atas nama pemerintah desa Bioa Putiak, dirinya berharap pemerintah daerah dalam hal ini Dinas PUPR-Hub dapat lebih serius untuk menanggapi ketakutan yang selama ini dialami warga desanya. Salah satunya dengan merealisasi pembangunan beronjong disepanjang aliran sungai sebagai penahan tebing agar tidak tergerus oleh terjangan air sungai air putih.

“Sebelum adanya pembangunan beronjong dihimbau agar warga tetap waspada khususnya warga yang rumahnya berada didekat bibir sungai. Kami berharap, Dinas PUPR-Hub dapat merealisasi pembangunan bronjong yang dimaksud,” tukasnya. (rak)