Beranda Nasional Air Gorong-gorong Meluap, Pondasi Rumah Warga Teben

Air Gorong-gorong Meluap, Pondasi Rumah Warga Teben

234
Bupati, Kopli Ansori, mengecek kondisi rumah warga Tik Tebing yang ambruk akibat banjir.

//Pemkab Janji Bantu Perbaikan Rumah

LEBONG – Tingginya curah hujan yang terjadi dalam Kabupaten Lebong belum lama ini perlahan mulai berdampak terhadap masyarakat. Bagaimana tidak, jika sebelumnya lahan sawah warga di Kecamatan Uram Jaya dan Lebong Sakti yang rusak akibat banjir, belum lama ini rumah warga Desa Tik Tebing Kecamatan Lebong Atas teben (amblas, red) akibat diterjang luapan air gorong-gorong. Musibah yang dialami oleh warga ini direspon cepat Pemkab Lebong, bahkan Bupati Kopli Ansori dan Wabup Drs. Fahrurrozi, M.Pd, turun langsung mengecek kerusakan rumah warga serta memberikan bantuan untuk korban banjir.
Dedi Haryanto (35) pemilik rumah, mengungkapkan saat air tengah meluap dirinya tengah berada diluar rumah, tiba-tiba pondasi dapur dan rumahnya yang telah dimasuki air ini perlahan turun hingga menyebabkan bagian dapur dan bagian kamar dalam rumahnya ikut ambruk dibawa arus air.
“Semua peralatan rumah sudah hanyut dari kasur sampai perlengkapan alat rumah tangga lainnya,” kata Dedi kepada Radar Lebong kemarin.
Dirinya menduga, jika luapan air gorong-gorong hingga menyebabkan pondasi rumahnya ambruk ini disebabkan tumpukan sampah sehingga menyebabkan siring tidak mampu menampung luapan air hingga akhirnya meluap.
“Kalau kerugian saya tidak tahu persis, mungkin lebih kurang sebesar Rp 15 juta,” terangnya. Sementara itu, Kades Tik Tebing, Kulman Jaya, menjelaskan jika kejadian seperti ini sudah sering terjadi bahkan setiap curah hujan tinggi air siring tersebut meluap dan menyebabkan kerusakan terhadap rumah warga yang ada disekitar lokasi tersebut.
“Sebelumnya, rumah yang disebelah rumah pak Dedi ini juga rusak karena luapan air dan sekarang kejadian serupa terjadi lagi. Kami berharap, Pemkab Lebong dapat membantu mengatasi persoalan ini, sehingga tidak ada lagi rumah warga yang rusak akibat luapan air,” harapnya.
Sementara itu, Wakil Bupati Lebong, Drs. Fahrurrozi, M.Pd, kemarin (23/3) turun langsung ke rumah warga dan memberikan bantuan masa panik kepada keluarga yang terdampak banjir. Selain bantuan masa panik, Bupati Kopli Ansori dan Wabup, Drs. Fahrurrozi, M.Pd, juga menyerahkan bantuan pribadi berupa uang tunai untuk keluarga korban.
“Kita akan membantu memperbaiki kerusakan rumah korban. Saya dan Bupati dan menginstruksikan OPD terkait segera bergerak agar kerusakan ini secepatnya bisa diperbaiki termasuk juga mencari jalan keluar agar air gorong-gorong tidak lagi meluap,” ujar Wabup.
Disamping itu, dirinya mengimbau seluruh warga dalam Kabupaten Lebong untuk lebih waspada dan hati terhadap potensi bencana alam yang mungkin terjadi disekitar masyarakat. “Saya berharap, masyarakat tetap waspada dalam menghadapi cuaca ekstrim yang sedang terjadi seperti saat ini. Akan tetapi kita berharap tidak lagi ada bencana alam yang terjadi di Kabupaten Lebong,” demikian Wabup. (wlk)