Beranda Nasional Air Tak Mengalir, Proyek Pipa Ratusan Juta Diprotes

Air Tak Mengalir, Proyek Pipa Ratusan Juta Diprotes

513
Meski sudah dibangun pada tahun 2020 lalu, namun hingga saat ini saluran pipa jaringan air bersih ke rumah warga ini masih kering.

LEBONG – Pemkab Lebong pada tahun anggaran 2020 lalu merealisasikan kegiatan pengembangan jaringan perpipaan di beberapa desa dalam Kabupaten Lebong dengan anggaran mencapai ratusan juta rupiah. Ironisnya, kegiatan ini ternyata diprotes oleh warga karena hingga saat ini jaringan pipa yang sudah dibangun ini belum juga berfungsi mengalirkan air bersih ke rumah warga seperti yang terjadi di Desa Pagar Agung dan Desa Semelako Atas Kecamatan Lebong Tengah.
Rosi (45) warga Desa Pagar Agung Kecamatan Lebong Tengah ini mengaku jika pembangunan jaringan pipa dan pengadaan water meter ini sudah selesai dikerjakan pada tahun 2020 lalu. Sayangnya, hingga saat ini jaringan pipa tersebut belum juga mengalirkan air bersih ke rumah warga.
“Tidak berfungsi pak, airnya saja sampai saat ini tidak ada yang keluar dari pipa ini,” kata Rosi.
Dirinya berharap agar dinas terkait untuk mengecek hasil pembangunan yang sudah dilaksanakan ini. Terlebih, hasil dari pembangunan yang dilaksanakan dengan dana pemerintah ini belum memberikan manfaat bagi masyarakat desa setempat.
“Untuk apa dibangun dengan dana yang cukup besar, kalau hasilnya tidak bisa kami manfaatkan sesuai dengan peruntukan pembangunannya. Kalau seperti ini hasilnya, terkesan dana yang dikucurkan pemerintah ini menjadi sia-sia saja tidak memberikan manfaat bagi kami,” cetusnya.
Sementara itu, Sekdes Pagar Agung, Win, mengakui bahwa pembangunan pipa setelah dibangun tahun 2020 lalu, hingga saat ini belum berfungsi. “Wajar rasanya kalau warga mengeluh, kalau hasil dari pembangunan yang dilakukan itu bisa dimanfaatkan, sedangkan dana pembangunannya mencapai ratusan juta,” singkatnya. (arp)