Beranda Nasional Ambruk, Pelapis Tebing Timpa Rumah Warga

Ambruk, Pelapis Tebing Timpa Rumah Warga

351
Pelapis tebing yang ambruk ini merusak rumah warga Desa Tambang Sawah.

LEBONG – Hujan deras yang terjadi di Kabupaten Lebong belakangan ini membawa duka bagi warga Desa Tambang Sawah Kecamatan Pinang Belapis. Bagaimana tidak, pelapis tebing yang berada disamping rumah warga tersebut tiba-tiba ambruk dan menimpa salah satu rumah warga hingga mengalami kerusakan. Untung saja, kejadian yang terjadi berkisar pukul 23.30 WIB Kamis (1/10) malam ini tidak menimbulkan korban nyawa.
Firman (65) pemilik rumah dibincangi Radar Lebong kemarin mengungkapkan kejadian ini bermula ketika dirinya baru pulang takziah salah satu warga berkisar pukul 23.30 WIB. Saat tiba dirumah, kondisi masih hujan dan ia pun beristirahat didepan TV bersama cucunya. 30 Menit kemudian, ia mendengar adanya suara retakan tanah yang terjadi disamping rumahnya.
“Tidak lama setelah itu, tiba-tiba dari sebelah rumah terdengar suara tanah longsor yang langsung menimpa dinding rumah tepatnya di bagian ruang tamu,” ungkapnya.
Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun saat kejadian cucunya sempat terkena percikan batu yang terlempar saat musibah itu terjadi. Disamping merusak dinding rumah, kejadian ini juga merusak beberapa perabotan rumah tangga yang ada dalam rumah tersebut.
“Kami berita kami kepada semua pihak yang sudah peduli atas musibah yang terjadi pada kami ini, kami berharap pemerintah dapat segera memperbaiki kerusakan ini karena tidak menutup kemungkinan bisa terjadi longsor susulan, apalagi saat ini hujan masih terus terjadi,” harapnya.
Sementara itu, Pjs Kades Tambang Sawah, Eryantoni menyampaikan pihaknya bersama TNI telah melakukan gotong royong secara manual membersihkan material tanah longsor yang menimpa rumah Firman tersebut. Dirinya juga berharap agar Pemkab Lebong dapat segera melakukan perbaikan terhadap kerusakan pelapis tebing ini karena dikhawatirkan terjadinya longsor susulan.
“Kami berharap, agar Pemkab dapat membantu keluarga yang terkena musibah untuk merehab rumah dan pembangunan pelapis tebing. Kita sangat khawatir, kondisi cuaca saat ini bisa menyebabkan terjadinya longsor susulan,” tuturnya.
Terpisah, Kepala BPBD Lebong, Fakhrurrozi, S.Sos, M.Si mengaku jika pihaknya sudah menerima laporan mengenai musibah tanah longsor yang menimpa rumah warga Desa Tambang Sawah. Bahkan, ia pun sudah menugaskan jajarannya untuk turun ke lokasi membantu warga yang terkena musibah.
“Ada 1 unit rumah warga yang rusak berat dan satu lagi belakang rumah warga tertimbun material tanah longsor. Kerugian dari musibah ini ditaksir mencapai Rp 50 juta. Disamping itu, kita juga sudah menyalurkan bantuan masa panik untuk warga tersebut,” singkatnya. (rak/wlk)