Beranda Bengkulu Utara Aneh, Lahan Pemkab BU Digarap PT. Pamor Ganda

Aneh, Lahan Pemkab BU Digarap PT. Pamor Ganda

520
Terlihat pekerja PT Pamor Ganda yang menyadap salah satu tanaman diatas lahan Pemkab BU

BENGKULU UTARA – Kendatipun PT. Pamor Ganda Tbk telah melepaskan lahan eks HGU ke Pemkab Bengkulu Utara beberapa tahun silam, ternyata hingga saat ini lahan tersebut masih digarap oleh PT. Pamor Ganda. Menariknya, perusahaan terkait berdalih jika hal ini dilakukan atas izin Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mi’an.
Pimpinan PT Pamor Ganda, Siagian, menjelaskan jika lahan eks HGU yang telah dilepaskan tahun 2018 silam masih tetap digarap pihaknya berdasarkan kesepakatan yang ada. Disebutkannya, saat pembebasan lahan HGU untuk Mako Brimob seluas 16,5 Hektar, pihaknya mengusulkan agar lahan tersebut tetap dapat digarap sebelum lahan tersebut digunakan.
“Kesepakatan itu kami buat ketika pelepasan lahan HGU untuk Mako Brimob. Ketika itu, kami mengusulkan dan diizinkan Kapolda yang dihadiri oleh Bupati BU Ir. Mi’an. Berdasarkan kesepakatan itu, kami menilai lahan Pemkab BU seluas 63 Hektar yang telah dilepaskan juga kami anggap diperbolehkan oleh Bupati untuk diambil hasil perkebunannya,” ujar Siagian.
Dirinya membantah jika yang dilakukan pihaknya ini dikatakan sebagai aksi penjarahan atas hasil bumi diatas lahan milik Pemkab BU. Meski diakuinya jika kesepakatan ini tidak ada hitam dan putih namun hal ini dilakukan atas kesepakatan yang dilakukan tahun 2018 silam dan juga aktivitas pengambilan hasil bumi dinilainya masih layak karena pihaknya masih yang melakukan penanaman dan perawatan.(bersambung)

Baca edisi selengkapnya SKH RL 10 November 2020……………