Beranda Nasional Anggaran Nihil, Event Wisata Tersingkir

Anggaran Nihil, Event Wisata Tersingkir

197
Festival Ken-Durian yang digelar Pemkab Lebong pada tahun 2020 lalu.

LEBONG – Upaya Pemkab Lebong untuk menjadikan Kabupaten Lebong sebagai daerah tujuan wisata yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, namun kampanye Ayo ke Lebong yang didengungkan pada tahun lalu tampaknya bakal terhenti. Bagaimana tidak, meski telah menetapkan kalender tahunan event wisata di Kabupaten Lebong, namun hal ini tampaknya tidak akan terlaksana lantaran tidak di dukung anggaran.
Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Lebong Ir. Eddy Ramlan, M.Si melalui Kasi Pariwisata, Hengki Firnando, SIP, mengaku jika pada tahun 2020 lalu pihaknya menetapkan kalender wisata dengan 16 event akan dilaksanakan, namun karena Pandemi Covid-19 hanya beberapa event saja yang bisa dilaksanakan yakni Ken-Durian Lebong Festival dan Lebong Fishing Festival.
“Selanjutnya, karena kita adanya bencana pandemi Covid-19 sehingga event kalender wisata lainnya tidak bisa kita lakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” katanya.
Hampir serupa dengan tahun 2020 lalu, lanjutnya, pada tahun ini hampir dapat dipastikan pihaknya tidak bakal menggelar event wisata di Kabupaten Lebong. Hal ini disebabkan tidak dialokasikannya anggaran tersebut dalam APBD 2021.
“Tahun ini kita tidak akan akan mengadakan event wisata tahunan, karena memang usulan event wisata yang kita usulkan belum diakomodir dalam APBD Lebong tahun anggaran 2021,” terangnya.
Sementara itu, Sekretaris Disparpora Lebong, Neti Herawati, menambahkan pada tahun anggaran 2020 lalu kegiatan event wisata yang telah disusun oleh pihaknya ini terdampak refocussing anggaran untuk penanganan Covid-19. Sehingga, kegiatan yang belum dilaksana terpaksa dibatalkan karena Pandemi Covid-19.
“Kita berharap agar Pandemi ini segera berakhir, sehingga pelaksanaan event wisata tahunan di Kabupaten Lebong dapat kembali dilaksanakan,” singkatnya. (cw1)