Beranda Bito Sadei Anggota BPD Terpilih Harus Bersinergi

Anggota BPD Terpilih Harus Bersinergi

175

LEBONG UTARA – Pemerintahan Desa (Pemdes) Tunggang Kecamatan Lebong Utara Minggu, (21/3) melakukan pemilihan anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) baru priode 2021-2026. Dimana, dari 7 anggota BPD baru terpilih diminta untuk bersinergi dengan pemerintah desa setempat dalam rangka mensukseskan program pemabngunan desa.

Kades Lotriana mengatakan dalam pemilihan BPD di desanya diikuti sebanyak 20 kandidat atau calon peserta yang bersaing dalam konbtestan untuk menduduki 7 kursi BPD yang sebelumnya telah berakhir masa jabatannya. Teknis pemilihan BPD sendiri dilaksanakan dengan metode pemilihan langsung yang dibagi perdusun, yang mana dari setiap dusun dalam 1 Kartu Keluarga (KK) hanya diambil 1 hak suara sesuai wilayah dusun masing-masing.

“Pemilih menyalurkan hak suaranya sesuai dengan dusunnya masing-masing, jadi anggota BPD setiap dusunnya ada terwakilan yang menjadi anggota BPD,” kata Lotriana.

Lebih lanjut, kata Lotriana, Alhamdullilah pelaksanaan pemilihan BPD di desanya berjalan lancar berkat kerjasama panitia pemilihan dan dukungan warga desa yang telah ikut mensukseskan pemilihan BPD. Untuk itu, dirinya berharap kepada anggota BPD yang terpilih, agar bisa bersinergitas dengan pemdes dalam membangun desa yang lebih baik lagi kedepannya.

“Kita berharap kepada anggota BPD yang terpilih bisa sinergitas dengan Pemdes serta dapat menampung semua aspirasi warga untuk membangun desa Tunggang yang lebih baik dan lebih maju,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Panitian Pelaksana Jois Maradona, mengatakan teknis pemilihan anggota BPD periode 2021-207 di Desa Tunggang dilakukan dengan Motode pemilihan langsung dengan terwakil 1 KK mempunya 1 hak suara yang menyalurkan suaranya. Pemilih yang menyalurkanbhak suaranya sesuai dengan dusunnya masing-masing. Pemilihan ini dilakukan secara transparan dan dan terbuka langsung disaksikan oleh seluruh masyarakat Desa Tunggang,

“Pemilih yang akan menyalurkan hak suaranya sesuai dengan wilayah dusunnya masing-masing,”jelasnya

Lebih jauh dijelaskan Jois, anggota BPD yang terpilih nantinya yang akan menduduki 7 kursi BPD Periode 2021-2027 yang akan terpilih suara terbanyak dimasing-masing dusun dan untuk Dusun I 2 Kursi, Dusun II 2 Kursi dan untuk Dusun III 3 Kursi. Dari 7 kursi anggota BPD nantinya akan ada terwakilan dari Perumpuan maximal 2 Kursi akan diduduki oleh terwakilan Perumpuan. Data Pemilih Tetap (DPT) dalam pemilihan BPD sebanyak pemilih yang berdomisili di Desa Tunggang.Surat suara yang panitia siapkan sebanyak 681 lembar, dan jumlah DPT 579 yang memilih sebanyak 579 dan suara yang sah sebanyak 571 suara sementara itu suara yang tidak sah 8 suara.

“Untuk Surat suara yang tidak terpakai sebanyak 102, yang terdiri dusun I 8 lembar, dusun II 37 dan dusun III 57 lembar surat suara,” jelasnya

Ditambahkanya, adapun calon anggota BPD Desa Tunggang yang terpilih yaitu Marleni, Fika Yuniarsi, Hendra Pirnando, Sudir, Neli, Sudirman, dan Meyza Opiana. Dari hasil pemilihan BPD periode 2021-2027 desa Tunggang nantinya langsung akan kita sampaikan ke kepala Desa yang akan ditindaklanjutkan ke pihak kecamatan. Untuk memilihan ketua,Wakik Ketua dan sekretaris anggota BPD nantinya kita kembalikan kepada anggota terpilih untuk melakukan rapat pleno.

“7 calon BPD desa Tunggang terpilih, ini murni dari hak pilih yang diberikan oleh masyarakat Desa tunggang,” tutupnya. (bye)