Beranda Nasional Audit Dana BOS di 50 Sekolah

Audit Dana BOS di 50 Sekolah

397

LEBONG – Inspektorat Kabupaten Lebong tahun ini memastikan akan melaksanakan audit reguler pemeriksaan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di 50 sekolah tingkat SD dan SMP dalam Kabupaten Lebong. Bahkan, direncanakan audit ini akan mulai dilakukan pada hari Rabu (23/6) mendatang selama 34 hari.

“Jika tidak ada kendala, audit reguler pemeriksaan penggunaan dana BOS tingkat SD dan SMP akan kita mulai pada tanggal 23 Juni mendatang, ” kata Inspektur Inspektorat Lebong Jauhari Chandra, SP, MM melalui Irban III Nurmanhuri SE, M.Si kepada Radar Lebong.

Lebih jauh, Nurman menunturkan, dalam pelaksanaan audit reguler dana BOS itu nantinya akan dilakukan oleh tiga tim. Yang mana tim Irban I akan melakukan audit di 16 sekolah, kemudian Irban II mengaudit 17 sekolah, serta Irban III mengaudit 17 sekolah. Hanya saja, kata Nurman, dari 50 sekolah yang akan di audit oleh masing-masing Irban ini belum diketahui berpa jumlah SD maupun SMP dan pastinya tersebar di 12 Kecamatan dalam Kabupaten Lebong.

“Teknisnya tiga tim yang terdiri dari Irban I, II, dan III akan menyebar di masing-masing Kecamatan dalam Kabupaten Lebong,” ujarnya.

Dijelaskannya, audit penggunaan dana BOS sendiri bertujuan dalam rangka melakukan pembinaan kepada pihak sekolah, supaya dalam penggunaan dana BOS di masing-masing sekolah itu dapat menyelesaikan Spj sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Di samping itu juga diharapkan dalam pembinaan ini diharpakn pihak sekolah baik itu sekolah tingkat SD ataupun SMP bisa lebih proaktif dalam memberikan data ketika proses audit sedang berjalan.

“Pada dasarnya, audit pemeriksaan penggunaan dana BOS ini sangat penting dilakukan. Sehingga dana yang digunakan dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya dan tepat sasaran demi kepentingan pendidikan,” tutupnya. (wlk)