Beranda Nasional Awasi Ambulance, Bakal Pasang Radio dan GPS Tracker

Awasi Ambulance, Bakal Pasang Radio dan GPS Tracker

301
Dinkes Lebong akan memasang radio dan GPS dalam mobil ambulance.

LEBONG – Menindaklanjuti instruksi Bupati Kopli Ansori, agar pelayanan kesehatan bagi masyarakat dilakukan dengan maksimal, Dinas Kesehatan (Dinkes) bakal memasang radio panggil serta alat GPS yang dapat melacak posisi ambulance milik Pemkab Lebong. Hal ini disampaikan Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM.
“Sesuai arahan pak Bupati, kita sudah menyiapkan kendaraan PSC dan seluruh armada mobil ambulance yang ada diseluruh Puskesmas untuk melayani masyarakat baik itu untuk ditangani ke RSUD Lebong maupun ke rumah sakit luar daerah,” ujarnya.
Dirinya juga memastikan biaya pelayanan penggunaan ambulance ini tidak akan dibebankan kepada masyarakat. Hanya saja, terhadap kebijakan ini pihaknya masih akan melakukan evaluasi beberapa bulan kedepan, untuk mengetahui kebutuhan anggaran operasional tersebut
“Kita akan lihat perjalanan armada mobil ambulance ini lebih dulu dalam beberapa bulan kedepan, apakah nantinya operasional dan kebutuhan kendaraan ini kurang maka akan kita evaluasi dan laporkan kepada Bupati Lebong,” sampainya.
Saat ini, tambahnya, 13 Puskesmas dalam Kabupaten sudah memimiliki ambulance yang siap melayani masyarakat Lebong, selain ambulance Puskesmas juga ada ambulan PSC yang sudah siap selama 24 jam yang merupaka pogram pemerintah. PSC ini merupakan pelaksanaan dari Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2013.
“Public Safety Center (PSC) merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan, layanan ini dibentuk tahun 2016 bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan untuk membantu penangan kesehatan terhadap masyarakat yang tidak hanya berhubungan dengan kecelakaan tetapi juga dalam situasi kritis,” singkatnya. (wlk)