Beranda Nasional Baru 2.333 UMKM Nikmati BPUM Rp 2,4 Juta

Baru 2.333 UMKM Nikmati BPUM Rp 2,4 Juta

140
Pelaku usaha yang terdampak Covid-19 saat mendaftar sebagai calon penerima bantuan BPUM Rp 2,4 juta.

LEBONG – Dari 7.691 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terdampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Lebong yang sudah diusulkan sebagai penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp 2,4 juta dari Kementerian pusat. Diketahui, baru 2.333 pelaku usaha yang sudah menikmati bantuan tersebut sedangkan sisanya masih menunggu penyaluran dari kementerian pusat.
Plt. Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Lebong, Aris Munandar, SE, MM, melalui Kabid Perdagangan, Azhar, SH, mengatakan bahwa berdasarkan data dari Kementerian pusat sebanyak 2.333 pelaku UMKM di Kabupaten Lebong telah menerima BPUM sebesar Rp 2,4 juta dari Kementerian pusat.
“Ada 7.691 pelaku UMKM yang sudah kita usulkan dengan kementerian untuk mendapatkan bantuan BPUM. Tapi yang sudah terealisasi baru sebanyak 2.333 pelaku UMKM,” katanya.
Selain itu, lanjutnya, program ini masih akan kembali dilanjutkan pada tahun ini. Diharapnya, sebanyak 5.358 pelaku usaha yang belum diakomodir dapat menerima bantuan tersebut pada tahun ini. Meski demikian, dirinya tidak dapat memastikan apakah semua pelaku usaha yang sudah mendaftar ini bakal disetujui atau tidak pasalnya hal tersebut merupakan kewenangan pemerintah pusat.
“Kami sifatnya hanya memfasilitasi penyampaian usulan saja, sedangkan yang menentukannya adalah kementerian terkait,” lanjutnya.
Dirinya juga mengimbau bagi UMKM yang sudah menerima BPUM Rp 2,4 juta ini diharapkan dapat menggunakan bantuan tersebut untuk mengembangkan usahanya. Sehingga, usaha yang digeluti ini dapat terus aktif meski ditengah pandemi Covid-19.
“Semoga dengan bantuan yang disalurkan ini, usaha masyarakat tetap dapat berjalan meski ditengah Pandemi Covid-19,” singkatnya. (wlk)