Beranda Nasional Baru 5 Desa Serahkan Berkas Pengajuan DD

Baru 5 Desa Serahkan Berkas Pengajuan DD

136
Sejumlah pemerintah desa dalam Kabupaten Lebong mulai menyerahkan berkas pengajuan DD dan ADD tahap pertama ke kantor Dinas PMDSos Lebong.

LEBONG – Menjelang akhir bulan April 2021, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Lebong baru menerima sebanyak 5 berkas pengajuan untuk pencairan Dana Desa (DD) dan Aloksi Dana Desa (ADD) tahap pertama Tahun Anggaran 2021. Masing-masing pemdes yang sudah menyerahkan berkas pengajuan itu diantaranya, Semelako I, Semelako Atas, Kecamatan Lebong Tengah, Talang Donok I, Talang Baru I, Kecamatan Topos, dan Bioa Putiak Kecamatan Pinang Belapis.

“Hingga hari ini (kemarin, red) baru 5 desa yang sudah menyerahkan berkas pengajuan pencairan tahap pertama TA 2021, ” kata Kepala Dinas PMDSos Lebong, Reko Haryanto, S.Sos, M.Si melalui Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lebong, Eko Budi Santoso, SP kepada Radar Lebong.

Lebih jauh, Eko menerangkan bahwa ke-5 desa yang sudah menyerahkan berkas pengajuan itu, selanjutnya akan diverifikasi untuk dilihat dokumen kelengkapan berkas persyratannya. Setelah diajukan verifikasi dan dinyatakan lengkap, maka PMD akan mengeluarkan rekomendasi yang berikutnya diajukan ke Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong.

“Berkas pengajuan masing-masing desa tentu tidak langsung dikeluarkan rekomendasi, karena akan lebih dulu di cek kelengkapannya. Jadi setiap desa yang ingin menyerahkan berkas pengajuan, maka harus benar-benar dilengkapi, ” katanya.

Sementara itu, Eko pun mengaku, jika masih banyaknya desa yang belum menyerahkan berkas pengajuan. Meski demikian, pihaknya memaklumi karena memang ada beberapa kendala yang dihadapi tahun ini. Namun, dengan sudahnya beberapa desa yang sudah menyerahkan berkas pengajuan, pihaknya berharap kepada desa yang belum melakukan pengajuan, untuk segera melakukan pengajuan mengingat sudah memasuki akhir bulan April 2021.

“Memang untuk pengajuan DD dan ADD tahap pertama ini tidak ada deadline waktu yang ditetapkan. Akan tetapi kami berharap, agar secepatnya semua desa bisa mengajukan berkas pengajuan tahap pertamanya, ” lanjutnya.

Eko menambahkan, salah satu persyaratan pengajuan DD yang harus diserahkan masing-masing desa itu adalah dokumen APBDes. Dimana, dokumen itu akan dilakukan verifikasi atau pemeriksaan kelengkapan berkas yang diajukan sebelum dikeluarkan rekomendasi pencairan DD dan ADD. Oleh sebab itu, diharapkan agar seluruh Kepala Desa dapat menyerahkan berkas pengajuan secara lengkap.

“Pada intinya, kami berharap agar secepatnya desa dapat mengajukan berkas pencairan tahap pertama, sehingga rencana pembangunan desa bisa dilanjutkan kembali, ” pungkasnya. (wlk)