Beranda Tubei Baru 9 Desa Serahkan Berkas DD

Baru 9 Desa Serahkan Berkas DD

122
Pegawai dan staf bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lebong memverifiksi berkas pengajuan yang diserahkan oleh pihak desa.

LEBONG – Kendatipun, saat ini pemerintah desa dalam Kabupaten Lebong sudah bisa menyerahkan berkas pengajuan untuk pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap pertama Tahun Anggaran 2021. Namun hingga kemarin, (26/4), baru tercatat 9 desa saja yang telah menyerahkan berkas pengajuan tahap pertama sebesar 40 persen ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Lebong.

Diketahui, 9 desa yang telah menyerahkan berkas pengajuan tahap pertama TA 2021 itu diantaranya, desa Semelako I, Semelako Atas, Kecamatan Lebong Tengah, Suka Negeri, Talang Donok, Talang Donok I, Talang Baru I, Talang Baru II, Kecamatan Topos. Kemudian, Ketenong Jaya, Bioa Putiak Kecamatan Pinang Belapis.

Kepala Dinas PMDSos Lebong, Reko Hryanto, S.Sos, M. Si melalui Kabud PMD Lebong, Eko Budi Santoso, SP mengatakan bahwa untuk proses pengajuan berkas pencairan tahap pertama sudah bisa diserahkan oleh masing-masing Pemdes. Hanya saja, sudah memasuki akhir bulan April 2021 ini, terdapat baru 9 desa yang baru menyerahkan berkas pengajuan pencaiaran tahap pertama.

“Sampai hari ini (kemarin,red) tercatat baru 9 desa yang mengajukan dan menyerahkan berkas persyaratan untuk pencairan, ” kata Eko.

Diakuinya, 9 desa yang telah menyerahkan dokumen APBDes ke PMD tersebut, saat ini pihaknya masih melakukan proses pemeriksaan dan verifikasi kelengkapan berkas apakah syarat yang dibutuhkan semuanya telah dipenuhi masing-masing desa atau masih ada yang kurang.

“Sekarang masih kita periksa dokumen kelengkapan berkas pengajuannya. Setelah berkas dinyatakan lengkap akan kita keluarkan rekomendasi untuk proses pencairan berikutnya, jadi apabila berkas yang disampaikan masih ada yang kurang akan kita minta untuk dilengkapi kembali, “lanjutnya.

Eko pun menambahkan, salah satu persyaratan berkas pengajuan tahap pertama yang harus diserahkan masing-masing desa adalah dokumen APBDes. Dimana dokumen itu nantinya harus dilakukan verifikasi atau pemeriksaan kelengkapannya terlebih dulu sebelum diberikan rekomendasi pencairan DD dan ADD.

“Intinya, laporan dokumen APBDes desa yang menjadi syarat pengajuan harus benar-benar dilengkapi. Maka dari itu, kami berharap agar seluruh desa di Kabupaten Lebong bisa secepatnya menyerahkan dokumen APBDes agar bisa melakukan proses pencairan 40 persen tahap pertamanya, ” pungkasnya.(wlk)