Beranda Nasional Baru Pengelola Wisata Bioa Putiak Setor PAD

Baru Pengelola Wisata Bioa Putiak Setor PAD

170
Salahsatu Objek Wisata Air Putih ini, dipastikan tidak akan dipercantik karena keterbatasan anggaran ( foto dokumentasi/radarlebong.com)

LEBONG – Meskipun saat ini semester pertama sudah hampir berakhir, namun tercatat baru satu pengelola objek wisata di Kabupaten Lebong yang telah menyetorkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dilaporkan ke Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Lebong. Satu pengelola objek wisata yang telah menyetorkan PAD ini tak lain adalah pengelola objek wisata Bioa Putiak.
“Yang sudah melaporkan kepada kita, baru pengelola objek wisata Bioa Putiak. PAD yang mereka setorkan ini lebih kurang sebesar Rp 20 juta, dari kontrak setahun lebih kurang Rp 40 juta. Setahun target PAD dari sektor wisata ini, lebih kurang Rp 100 juta,” kata Kepala Disparpora Lebong, Ir. Eddy Ramlan, M.Si.
Disebutkannya, beberapa objek wisata dalam Kabupaten yang sudah terkontrak ini diantaranya objek wisata Air Putih, Danau Picung, Pulau Harapan (Danau Tes), Arum Jeram, Lobang Kacamata, Air Terjun Paliak serta beberapa objek wisata lainnya.
“Kita sudah menyampaikan surat pemberitahuan kepada masing-masing pengelola objek wisata ini untuk menyetorkan PAD. Penyetoran PAD ini sudah kita tetapkan per 6 bulan,” sebutnya.
Penyetoran PAD sektor wisata ini juga telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 Tahun 2012 tentang Distribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga. “Retribusi merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang penting guna membiayai pelaksanaan pembangunan oleh pemerintahan,” tandasnya. (dap)