Beranda Nasional Baru Satu Desa Kategori ODF

Baru Satu Desa Kategori ODF

175

LEBONG SAKTI – Puskesmas Lemeu Pit mendata bahwasanya baru satu desa yakni Desa Magelang Baru yang telah bebas dari buang air besar sembarangan atau desa Open Defecation Free (ODF), sedangkan desa lainnya masih dalam proses untuk terbebas dari buang air besar sembarangan.
Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat Lemeu Pit, Martiana BR Sembiring, SKM bahwa pembuangan kotoran yang dilakukan secara tidak tepat, sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.
“Indikator yang paling mudah untuk dinilai adalah ketersediaan septic tank di rumah masyarakat, hal itu yang kita jadikan patokan dalam menilai perilaku masyarakat dalam mengantisipasi pencemaran lingkungan,” kata Kapus.
Selain itu, lanjutnya, dengan terwujudnya desa ODF tersebut dapat meningkatkan kesehatan masyarakat itu sendiri, paling tidak tersedianya lingkungan yang sehat.
“Kita rasa tidak terlalu susah dalam membuat septic tank, dan biayanya juga masih terjangkau oleh masyarakat, tergantung dengan kesadaran masyarkat itu sendiri,” tuturnya.
Menurutnya masih rendahnya kesadaran warga tersebut, lantaran masyarakat masih memanfaatkan sumber air sungai yang terdapat di Lebong Sakti ini, sehingga keinginan dalam membuat septic tank di rumah menjadi suatu hal yang di perhitungkan oleh masyarakat.
“Sosialisasi sudah kita lakukan, tinggal saja masyarakat menanggapinya seperti apa, peran perangkat desa menjadi hal yang penting dalam membentuk desanya menjadi desa ODF atau desa yang sudah terbebas dari buang air besar sembarangan,” pungkasnya.(pry)