Beranda Nasional Basmi Hama Tikus Telan Anggaran Rp 570 Juta

Basmi Hama Tikus Telan Anggaran Rp 570 Juta

159

LEBONG – Pemkab Lebong tidak main-main dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian masyarakat salah satunya melalui program insentif ekor tikus yang menjadi momok bagi petani. Untuk membasmi hama tikus ini Pemkab Lebong telah mengucurkan dana sebesar Rp 570 juta untuk insentif 178 ribu ekor tikus di tahun 2021 ini.
“Tahun ini kita targetkan membasmi hama tikus sebanyak 178 ribu ekor, dan insentif yang disiapkan sebesar Rp 570 juta telah dianggarkan dalam APBD Lebong,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Lebong, Emi Wati, SE, M.Ak melalui Kabid Ketahanan Pangan dan Holtikultura, Jimi Tri Susilo, S.STP.I kepada Radar Lebong kemarin (27/7).
Dari total anggaran tersebut, lanjutnya, lebih kurang sebesar Rp 108 juta telah direalisasikan untuk pembayaran insentif ekor tikus sebanyak 36 ribu ekor yang telah dimusnahkan pada tahap pertama di Desa Kota Baru Kecamatan Uram Jaya. Disebutkannya, pembayaran insentif ekor tikus ini dilakukan sesuai dengan perhitungan pelaksana kegiatan yang terdiri dari unsur pemerintah kecamatan, OPD teknis, penyuluh, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas.
“Dananya langsung ditransfer melalui rekening koordinator kepala desa setempat,” ujarnya.
Ditambahkannya, untuk pembayaran ekor tikus tahap kedua ditargetkan akan direalisasi dalam minggu ini. Hanya saja untuk berapa jumlah anggaran pembayaran ekor tikus tahap kedua belum bisa disebutkan, karena tergantung dari jumlah ekor tikus didapatkan dan saat ini masih menunggu hasil penghitungan.
“Kita targetkan pembayaran ekor tikus tahap kedua dalam minggu ini. Dan pemusnaan tahap kedua ini nantinya juga akan dihadiri Bupati Lebong, Kopli Ansori,” singkatnya. (wlk)