Beranda Nasional Bayar Insentif Nakes, Pemkab Siapkan Rp 1,6 M

Bayar Insentif Nakes, Pemkab Siapkan Rp 1,6 M

176
insentif nakes di Lebong
Dinkes memastikan akan segera membayar insentif nakes.

LEBONG – Pemkab Lebong memastikan bakal segera membayarkan insentif tenaga kesehatan (nakes) yang belum dibayarkan sejak November 2020 hingga saat ini. Bahkan, untuk membayarkan insentif nakes yang rencana akan direalisasikan hingga Desember 2021 mendatang, Pemkab Lebong menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,6 miliar dalam APBD Lebong tahun anggaran 2021.
Plt. Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong, Erik Rosadi, SSTP, M.Si, melalui Kabid Perbendaharaan, Rapinala, SE, M.Ak, mengungkapkan anggaran pembayaran insentif nakes ini berasal dari dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) yang diperuntukan bagi nakes yang ada di 13 puskesmas dalam Kabupaten Lebong. Insentif ini akan dibayarkan kepada nakes yang bertugas dalam penanganan pencegahan Covid-19.
“Anggaran sebesar Rp 1,6 miliar disiapkan dalam APBD murni dan anggaran ini sudah termasuk anggaran untuk pembayaran insentif nakes bulan November dan Desember 2020 lalu yang belum dibayarkan oleh pemerintah pusat. Total Rp 1,6 miliar ini kita siapkan untuk pembayaran insentif nakes hingga Desember 2021 mendatang,” katanya.
Diakuinya, jika belum lama ini pihaknya telah menerima pengajuan berkas usulan pencairan insentif nakes dari Dinkes Lebong. Hanya saja, karena berkas tersebut masih terdapat kekurangan sehingga berkas tersebut dikembalikan lagi pihaknya ke Dinkes Lebong untuk diperbaiki lebih dulu.
“Kalau jumlah yang diterima oleh nakes ini, berbeda-beda. Tergantung dari jumlah kasus yang ditangani. Tapi baiknya mengenai jumlah yang diterima nakes ini ditanyakan langsung ke OPD terkait karena mereka yang lebih paham,” singkatnya. (wlk)