Beranda Bito Sadei BBI Baru Sebatas Pembersihan

BBI Baru Sebatas Pembersihan

10
BBI Baru Sebatas Pembersihan
BBI yang terbengkalai.FOTO DOK

LEBONG, radarlebong.com – Tahun ini, dipastikan BBI (Balai Benih Ikan) baru sebatas pembersihan area. Sementara, untuk pemanfaatannya yang sempat direncanakan akan kembali dikelola Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) batal terlaksana.

Soalnya, anggaran yang disiapkan pada APBD Lebong tahun ini diklaim hanya cukup untuk membersihkan area BBI yang selama 2 tahun terakhir ini dibiarkan terbengkalai.

Kabid Perikanan Disperkan Lebong Tomsil, S.Sos mengatakan dengan keterbatasan anggaran pihaknya tak bisa berbuat banyak dalam proses budidaya ikan. Meski demikian pihaknya masih berupaya untuk mengejar bantuan dari pemerintah pusat.

“Proposalnya sudah siap. Bulan mei mendatang akan kami sampaikan. Mudah-mudahan bisa diakomodir, ” kata Tomsil.

Lanjutnya Tomsil, sementara ini, kolam-kolam ikan yang ada di komplek BBI saat ini juga sudah dikelola oleh pihak ketiga untuk jangka waktu satu tahun kedepan. Dengan persentase pembagian 70 persen untuk pihak ketiga dan 30 persen untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kalau ingin detailnya silahkan langsung ke Bidang Aset BKD. Namun waktunya hanya satu tahun. Hal itu juga sudah disampaikan oleh penggarap.

“Ketika nanti ditahun 2023 mendatang kami sudah ada anggarannya, maka akan kembali kami yang mengelola,” jelasnya.

Ditambahkannya Tomsil, pada prinsipnya, kita siap untuk mengidupkan kembali dan menjalankan proses pembudidayaan ikan di BBI. Mulai dari pembibitan hingga lainnya.

“Untuk 2023 mendatang kami akan usulkan. Mudah-mudahan bisa diakomodir, ” singkatnya.(bye)