Beranda Nasional Belum 100 Persen, Pemkab Kembali Lanjutkan 16 Program Unggulan

Belum 100 Persen, Pemkab Kembali Lanjutkan 16 Program Unggulan

191
Paripurna Pengesahan APBD 2022
Mustarani Abidin

LEBONG -Kendatipun realisasi 16 program unggulan bupati dan wakil bupati Lebong periode 2016-2021 belum mencapai 100 persen atau hanya berkisar 94,8 persen. Namun, dipastikan program yang belum berjalan maksimal akan kembali dilanjutkan.

Sebagaimana disampaikan, oleh Pelaksana harian (Plh) Bupati Lebong, H. Mustarani Abidin, SH, M. Si mengungkapkan bahwa memang ada beberapa kegiatan program unggulan yang belum tercapai target 100 persen, seperti halnya pemberian bantuan beasiswa gratis terhadap anak-anak yang memiliki prestasi.

” Untuk beasiswa ditargetkan 150 orang, namun baru tercapai lebih kurang 36 orang pelajar yang kita kirim ke universitas atau perguruan tinggi, ” katanya.

Selain program beasiswa kuliah gratis, lanjutnya juga ada masalah pertanian. Dimana, dalam program unggulan tersebut ditargetkan cetak sawah baru seluas 2.500 hektar dan hanya tercapai seluas 50 hektar saja. Kemudian, ada juga menjadikan Kabupaten Lebong bisa tanam dan panen minimal 2 kali dalam 1 tahun, juga tidak tercapai.

“Memang masih ada beberapa program unggulan bupati dan waklil bupati priode 2016-2021 yang masih belum tercapai 100 persen,” terangnya.

Lebih jauh Mustarani menjelaskan, beberapa program yang tidak tercapai target tersebut memang tidak bisa dipaksakan dengan kondisi. Namun, tambahnya, kedepan di tahun 2021 ini program tersebut tetap akan dilanjutkan. Akan tetapi nantinya akan diimbangi dengan program prioritas bupati dan wakil bupati Lebong yang baru.

“Untuk beberapa program yang tidak tercapai target 100 persen ini tetap akan kita lanjutkan dan dimasukandalam program bupati baru terpilih,” singkatnya.

Adapun 16 program unggulan bupati dan wakil bupati Lebong yang lama yaitu Lebong Bebas Buta Huruf Hijaiyah, Lebong Bebas Drop Out Pendidikan Dasar dan Pengembangan Sekolah Unggulan, Lebong Memberi Beasiswa 150 siswa berprestasi, Lebong Berprestasi Olah Raga. Kemudian Lebong Sehat (Bebas Gizi Buruk, Jemput Sakit Pulang Sehat), Lebong Berhotmix dan Bebas Banjir, Lebong Bebas Krisis Air Bersih, Lebong Terang, Lebong Pemerintahan Berbasis IT (meliputi Layanan Publik, Tata Kelola Pemerintahan). Selanjutnya, Lebong Bebas Rumah tidak Layak Huni, Lebong Pusat Budaya dan Destinasi Wisata, Lebong Memiliki 100 UKM dan IKM Produktif, Lebong akan Melakukan Pembentukan BUMD baru dan Lebong Lumbung Pangan dan Energi. (wlk)