Beranda Tubei Belum Miliki e-KTP, Dukcapil Buka Layanan Jempol

Belum Miliki e-KTP, Dukcapil Buka Layanan Jempol

239
Dukcapil Lebong secara langsung mendatangi rumah warga yang tidak dapat datang rekam e-KTP.

LEBONG – Perhatian bagi masyarakat di Kabupaten Lebong yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Lebong membuka layanan Jemput Bola atau disingkat Jempol dengan mendatangi seluruh kecamatan se Lebong.

Tak hanya itu saja, petugas Dukcapil juga mendatangi secara langsung ke rumah warga yang tidak dapat melakukan perekaman secara langsung

Kepala Dinas Dukcapil Lebong Elva Mardiana S.IP, M.Si melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Drs Rahmat Kartolo didampingi Kasi Identitas Penduduk Ramlam Hamidi, S.Si mengatakan, kegiatan jemput bola tersebut menindaklanjuti data yang disampaikan KPU Lebong berdasarkan dari hasil Coklit tercatat sebanyak 2.104 warga belum rekam e- KTP atau belum memiliki KTP yang sudah berjalan sejak tanggal 2 September 2020 lalu.

“Jemput bola ini sudah berjalan di tiga kecamatan diantaranya, Kecamatan Lebong Selatan, Topos, dan Lebong Tengah, ” kata Ramlan kepada Radar Lebong.

Disebutkannya, sebanyak 2.104 warga yang belum rekam e-KTP dengan rincian Kecamatan Rimbo Pengadang sebanyak 74 warga, Lebong Selatan 245 warga, Lebong Tengah 245 warga, Lebong Atas 152 warga, Lebong Utara 226 warga, Topos 159 warga, Bingin Kuning 174 warga, Lebong Sakti 199 warga, Pelabai 239 warga, Amen 133 warga, Uram Jaya 94 warga, dan Pinang Belapis 164 warga.

” Pelaksanaan jemput bola ini ditargetkan khusus untuk kecamatan terjauh dan terbanyak, bagi Kecamatan yang terdekat pihaknya berharap agar bisa langsung datang ke kantor Dukcapil, karena disana masyarakat akan tetap diberikan pelayanan yang prima oleh petugas Dukcapil,” terangnya.

Sementara itu, lanjutnya, untuk jumlah wajib e-KTP Kabupaten Lebong sebanyak 76.324 warga yang meliputi 38.903 laki-laki dan 37.421 perempuan. Dari jumlah itu, tercatat 75.272 warga sudah rekam atau sudah memiliki KTP, sedangkan yang belum rekam sebanyak 1.052 warga yang sudah masuk usia 17 tahun.

Masih kata Ramlan, dari jumlah wajib KTP yang belum rekam itu merupakan di luar data hasil Coklit KPU. Jika ditotalkan maka jumlah masyarakat Kabupaten Lebong yang belum memiliki KTP sebanyak 3.156 warga.

“Kalau untuk blangko kita pastikan masih cukup, karena dari laporan terakhir yang kita terima jumlah blanko e-KTP yang tersedia lebih dari jumlah warga yang belum memiliki KTP, ” tukasnya. (wlk)