Beranda Bito Sadei Bidan dan Perawat Puskesmas Muara Aman Positif Covid-19

Bidan dan Perawat Puskesmas Muara Aman Positif Covid-19

291
ilustrasi covid19

LEBONG UTARA – Sebanyak 3 orang Tenaga Kesehatan (Nakes) di Puskesmas Muara Aman terkonfirmasi positif Virus Corona Disease 2019 (Covid-19), masing-masing mereka (nakes,red) meliputi 2 orang Bidan desa serta 1 orang perawat yang saat ini sudah menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.
Kepala Puskesmas, Febria Mandeka, SKM, melalui Kepala Tata Usaha (TU) Puskesmas, Asman, SKM membenarkan bahwa 3 orang nakes yang dinyatakan positif corona tersebut, setelah dilakukan tes swab antigen dengan hasil menunjukan positif Covid-19. Untuk mengantisipasi agar tidak menular terhadap nakes lainnya mereka diminta menjalani isolasi mandiri serta melakukan swab antigen secara berkala.
“3 orang nakes positif Covid-19 ini berdasarkan hasil swab antigen. Masing-masing sampel swab antigen ini sudah kita serahkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong, untuk di lakukan uji laboratorium di Pemprov Bengkulu,” kata Asman.
Lanjutnya, mereka yang menjalani isolasi mandiri tetap akan diawasi secara ketat, tujuannya agar tidak melakukan konta erat terhadap masyarakat ataupun pihak keluarga dekat nakes itu sendiri hingga masa isolasi berakhir serta benar-benar sudah dinyatakan sembuh.
“Kami mengimbau bagi nakes yang menjalani isolasi agar tetap mematuhi imbauan pemerintah dengan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan. Selain itu selama menjalani isolasi agar tidak dulu melakukan konta erat terhadap masyarakat lainnya,” imbuhnya.
Asman menambahkan, mengingat beberapa orang nakes Puskesmas yang sudah terpapar positif Covid-19, pihaknya mengajak seluruh masyarakat khusunya masyarakat yang berada diwilayah kerjanya, untuk tetap disiplin menerapkan prokes seperti tetap menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun, serta dengan tetap menjaga jarak. Hal itu dimaksud untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.
“Disiplin prokes sangat penting karena wabah virus corona tidak pernah memandang siapa pun itu, jika masyarakat masih lalai dengan prokes. Untuk itu kami mengajak seluriuuh masyarakat untuk melawan virus corona dengan tidak kendor menerapkan prokes,” demikian Asman. (bye)