Beranda Nasional BKPSDM Jadwal Ulang Pembekalan CPNS

BKPSDM Jadwal Ulang Pembekalan CPNS

159
Kabid Pengembangan Kompetisi Aparatur (PKA), Wince Damayanti, S.KOM
Wince Damayanti

LEBONG – Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lebong, kembali menjadwal ulang pembekalan sebanyak 98 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 Kabupaten Lebong yang sudah menerima Surat Keputusan (SK) penugasan.

Hal ini disampaikan Plt. Kepala BKPSDM Lebong, Sumiati, SP, MM melalui Kabid PKA Hairudin, SE, M.Ap didampingi Kasubid Diklat Wince Damayanti, S. KOM menyampaikan bahwa untuk pelaksanaan pembekalan CPNS formasi tahun 2019 yang sebelumnya sempat ditunda lantaran terdapat 6 orang CPNS Kabupaten Lebong terkonfirmasi positif Covid-19, kembali akan dijadwalkan ulang. Meski demikian, untuk tanggal penetapannya belum bisa disebutkan karena harus dikoordinasikan terlebih dahulu dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Lebong H. Mustarani Abidin, SH, M. Si.

” Namun diperkirakan akan dilaksanakan pada awal bulan Maret 2021 mendatang, ” kata Wince Damayanti kepada Radar Lebong Rabu, (3/1).

Maka dari itu, lanjut Wince, dari pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Sekda dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong, terkait teknis pelaksanaan pembekalan mengingat masih dalam pandemi Covid-19. Selain Sekda dan Dinkes lanjutnya, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak PT. Taspen.

“Yang jelas, secepatnya akan kami berkoordinasi dulu. Harapan kami pembekalan ini dapat dilakukan bulan Febuari ini, karena lebih cepat lebih baik mengingat para CPNS sudah melaksanakan tugas, ” bebernya.

Lebih jauh Wince menjelaskan tujuan dari pembekalan itu untuk mengenali kinerja para CPNS yang ditempatkan di OPD masing-masing. Dimana, pembekalan selama tiga hari tersebut dijadwalkan selama dua hari CPNS akan menerima materi, kemudian khusus untuk satu hari pelatihan kesamaptaan kediplinan CPNS selama menjalankan tugas. Mereka yang mengikuti pembekalan akan dibagikan SK disertai SPT masing-masing CPNS untuk melaksanakan tugas di OPD masing-masing.

“CPNS yang telah dinyatakan lulus seleksi akhir wajib mengikuti pembekalan, karena dari pembekalan ini nanti para CPNS akan diberikan sejumlah materi dan dikenali kesamaptaan tentabg disiplin CPNS, ” jelasnya.

Tambahnya, selain pembekalan CPNS juga akan mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) setelah menjalani tugas kurang lebih satu tahun yang akan di laksanakan di Provinsi Bengkulu. Tujuan latsar sendiri untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat, dan motivasi nasionallisme dan kebangsaan karekter keperibadian yang unggul dan bertanggungjawab, dan memperkuat propesionalisme serta kompetensi bidang.

“Tujuan latsar ini hampir sama dengan pembekalan, namun untuk latsar sendiri akan dilaksanakan di Pemprov. Kami berharap agar para CPNS sebelum mengikuti pembekalan untuk tetap menjaga kesehatan teruma fisik, dan pembekalan ini harus diikuti oleh CPNS yang lulus, ” demikian Wince. (wlk)