Beranda Tubei BPS Terjunkan 41 Petugas Pra Pemutakhiran Long Form SPO 2020

BPS Terjunkan 41 Petugas Pra Pemutakhiran Long Form SPO 2020

1735

LEBONG – Kamis (14/10), Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lebong telah melaksanakan briefing dengan menerjunkan 41 petugas pra pemutakhiran Long Form Sensus Penduduk 2020 (LF.SP2020). Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari pendataan sensus penduduk yang telah dilakasanakan pada tahun 2020 lalu.

Kepala BPS Lebong, Sahranudin, SE, M.Si, menjelaskan, bahwa pra pemutakhiran ini sendiri, bertujuan untuk memutakhirkan keluarga yang telah terdata pada sensus 2020. Long Form SP2020 sendiri adalah kegiatan yang pada awalnya direncanakan akan dilaksanakan di tahun ini. Namun, Covid-19 membuat kegiatan ini tertunda hingga tahun depan. Dikarenakan sudah berjalan selama satu tahun, kemungkinan data yang telah didapatkan saat pelaksanaan sensus penduduk lalu, mengalami perubahan, seperti terjadi kematian atau penambahan anggota keluarga di blok sensus yang terpilih sebagai sampel, sehingga dilakukanlah pra pemutakhiran ini untuk melihat seberapa besar perubahan yang terjadi dibandingkan saat sensus penduduk lalu.

“Selain itu, pada pra pemutakiran ini juga, akan didapatkan jumlah rumah tangga yang berusaha di bidang pertanian. Dimana data ini akan digunakan sebagai gambaran awal pelaksanaan sensus pertanian yang akan dilakukan pada 2023 nanti, ” katanya.

Lebih jauh, ia menerangkan, untuk jumlah seluruh petugas adalah sebanyak 41 petugas yang terdiri dari 2 orang koordinator sensus kecamatan (koseka), 7 orang pemeriksa (PML), dan 32 petugas cacah lapangan (PCL). Petugas adalah petugas yang telah dinyatakan lulus pada rekrutmen petugas pada bulan Juli lalu yang sempat dibatalkan. Briefing petugas dilakukan sebanyak 2 gelombang.

“Gelombang pertama yaitu pada kamis 14 Oktober 2021 dan gelombang kedua pada 15 Oktober 2021. Gelombang pertama adalah petugas-petugas yang memiliki wilayah tugas mencakup pinang belapis, uram jaya, amen, lebong utara, lebong atas, dan pelabai, ” lanjugnya.

Sementara itu, untuk gelombang kedua adalah petugas yang berwilayah tugas di lebong tengah, lebong sakti, bingin kuning, lebong selatan, topos, dan rimbo pengadang. Jumlah blok sensus yang akan dimutakhirkan sebanyak 113 blok sensus yang tersebar di seluruh kecamatan se-Kabupaten Lebong.

“Pelaksaanaan lapangan akan dilaksanakan selama 15 hari yaitu dari tanggal 17 sampai dengan 30 Oktober 2021 mendatang, ” tukasnya. (wlk)