Beranda Nasional BST 2021 Hanya 4 Bulan

BST 2021 Hanya 4 Bulan

251
Salah satu KPM menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap ke X di kantor Pos Kecamatan Lebong Selatan.

LEBONG – Meski penyaluran bantuan sosial tunai (BST) bagi warga tidak mampu yang terdampak Covid-19 diperpanjang oleh pemerintah pusat, namun perpajangan ini hanya hingga April mendatang. Tidak hanya itu saja, besaran BST yang diterima Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ini juga berbeda dengan BST sebelumnya, dimana KPM hanya menerima BST sebesar Rp 300 ribu perbulan.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Lebong, Reko Haryanto, S.Sos, M.Si melalui Kabid Sosial Yasir Hadibroto, SE, mengakui jika program BST tahun ini hanya disalurkan selama empat bulan terhitung Januari hingga April. Penyaluran tahap 10 atau bulan Januari sudah direalisasikan pada 12-13 Januari lalu dimasing-masing Kantor Pos yang ada di Kabupaten Lebong.
“Untuk penyaluran BST bulan tahap X sudah di salurkan pada 12-13 Januari 2021 lalu,” katanya.
Selain itu, lanjutnya, penerima BST tahun 2021 berdasarkan BNBA dari Kementerian Sosial yang diteruskan ke kantor PT. Pos mencapai sebanyak 1.684 KPM di 12 kecamatan dalam Kabupaten Lebong. Sementara untuk penyaluran tahap ke X bulan Januari lalu masih menyisahkan 9 KPM yang masuk penyaluran susulan, karena pada saat penyaluran beberapa waktu lalu saldo 0 (nol) lantaran NIK KPM tidak valid dari Kementerian pusat.
“Khusus 9 KPM ini tetap akan menerima BST tahap X, dan rencananya mereka akan menerima pada tanggal 5 Febuari mendatang,” bebernya.
Ditambahkannya, dalam tahapan penyaluran BST ini terjadi pengurangan jumlah penerima. Hal ini disebabkan, adanya pengalihan program bantuan ke bansos sembako sesuai dengan hasil cleansing Kemensos dengan PT. Pos.
“Kalau penyaluran tahap IX tahun 2020 lalu jumlah penerima BST sebanyak 1.780 KPM, sedangkan pada penyaluran BST tahap X sebanyak 1.684 KPM, artinya ada pengurangan 96 KPM. Dan sekarang kita masih menunggu jadwal dan data bayar dari PT. Pos untuk penyaluran BST tahap XI,” pungkasnya. (wlk)